test

News

Kamis, 30 Juli 2020 10:52 WIB

Jemaah Haji Lakukan Puncak Ibadah Wukuf di Padang Arafah

Editor: Ferro Maulana

Wukuf di Padang Arafah. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ – Hari ini Kamis (30/07/2020) waktu setempat, seluruh jemaah Haji melakukan puncak ibadah wukuf di Padang Arafah. Rukun haji itu dilaksanakan setiap tanggal 9 Dzulhijjah.

Wukuf berarti berdiam diri sambil berzikir. Wukuf menjadi puncak pelaksanaan ibadah Haji dan merupakan syarat sahnya Muslimin dalam berhaji.

Wukuf di Padang Arafah adalah Rukun Haji yang paling utama. Rasulullah SAW pernah ditanya oleh sekelompok orang dari Nejed perihal ibadah haji.

Rasulullah SAW menjawab: ???????? ????????

"Haji itu adalah Arafah." (HR At-Tirmidzi Nomor 889, An-Nasa’i Nomor 3016, dan Ibnu Majah Nomor 3015 , dinyatakan sahih oleh Al-Albani)

Sedangkan, bagi kaum Muslimin yang tidak berhaji disunahkan melakukan puasa Arafah. Yakni, setiap tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa Arafah mempunyai hikmah serta keutamaan sangat besar bagi seorang Muslim.

Rasulullah SAW bersabda tentang puasa Arafah, yang artinya: "Dari Abu Qatadah Al Anshariy (ia berkata), 'Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah ditanya tentang (keutamaan) puasa pada Hari Arafah?" Maka Beliau menjawab, 'Menghapuskan (kesalahan) tahun yang lalu dan yang sesudahnya'." (HR Muslim Nomor 1162 dalam hadis yang panjang)

Adapun orang yang melaksanakan ibadah Haji tidak disunahkan melaksanakan Puasa Arafah. Rasulullah SAW bersabda:

???? ????? ????????? ?????? ?????????? ????? ?????? ?????????? ????????? ?????? ???????? ??? ?????? ?????????? ?????? ??????? ???????? ????????? ??????? ?????????? ???? ??????? ??????? ?????????? ?????? ????????? ???????????? ???????? ???????? ?????? ?????? ??????? ????? ????????? ??????????

"Dari Ummul Fadhl binti Al Harits bahwa orang-orang berbantahan di dekatnya pada hari Arafah tentang puasa Nabi SAW. Sebagian mereka mengatakan, 'Beliau berpuasa.' Sebagian lainnya mengatakan, 'Beliau tidak berpuasa.' Maka Ummul Fadhl mengirimkan semangkok susu kepada Beliau, ketika Beliau sedang berhenti di atas unta Beliau, maka Beliau meminumnya." (HR Bukhari Nomor 1988 dan Muslim Nomor 1123)

Sungguh besar syafaat dari Allah SWT pada Hari Arafah. Selanjutnya orang yang melaksanakan Puasa Arafah Insha Allah diampuni dosanya.

Dalam hadis yang diriwayakan Abu Qotadah, Nabi Muhammad SAW bersabda:

??????? ?????? ???????? ?????????? ????? ??????? ???? ????????? ????????? ??????? ???????? ??????????? ??????? ???????? ????????? ?????? ??????????? ?????????? ????? ??????? ???? ????????? ????????? ??????? ????????

Artinya: "Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim Nomor 1162). (FER).

BERITA TERKAIT