test

Kesehatan

Selasa, 11 Februari 2020 09:03 WIB

Jangan Malas, Ini Pentingnya Membersihkan Muka Sebelum Tidur

Editor: Redaksi

Pentingnya mencuci muka sebelum tidur malam (Foto: Dok Net)

PMJ - Sebagian orang mungkin malas mencuci wajah di malam hari sebelum tidur, alasannya merasa terlalu lelah. Padahal menjaga kebersihan wajah tidak kalah penting dengan menjaga kebersihan tubuh.

Para ahli menyebut membersihkan wajah sebelum tidur wajiib dilakukan. Pasalnya, ini menjadi cara terbaik untuk merawat kulit dan menjadikannya sehat.

Seperti dilansir laman Bold Sky, Selasa (11/2/2020), berikut beberapa alasan yang membuat kamu benar-benar wajib mencuci muka di malam hari. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Membersihkan pori-pori kulit

Kulit akan menghasilkan penumpukan sel, yang dikenal sebagai sel kulit mati. Di wajah, ini dapat menyumbat pori-pori dengan cepat, jika Anda tidak membersihkannya dengan tepat.

Dengan mencuci muka dan membersihkannya secara menyeluruh, semua kotoran akan hilang dan pori-pori kulit menjadi bersih. Jangan lupa lakukan eksfoliasi dengan produk seperti scrub minimal seminggu sekali agar kulit semakin sehat dan nampak bercahaya.

2. Turunkan resiko jerawat

Pori-pori yang tersumbat dan serangan bakteri adalah dua alasan utama timbulnya jerawat. Membersihkan kulit Anda di malam hari membuka pori-pori yang tersumbat serta menghilangkan semua kotoran dari ajah yang dapat menyebabkan infestasi bakteri.

Tak hanya itu, produk riasan yang masih tersisa atau menempel sepanjang malam juga dapat menyebabkan masalah kulit lainnya seperti komedo.

3. Peremajaan kulit

Saat kamu tidur, kulit mengalami peremajaan. Dengan membersihkan wajah di malam hari sebelum beristirahat dapat memperlancar proses peremajaan, sehingga sel-sel kulit mati dapat dilepaskan dan segera memperbaikinya.

4. Hindari kulit kusam

Membersihkan wajah bisa mencegah kulit kulit kusam. Hal ini menjadikan kulit tidak sehat akibat dari paparan debu, kotoran, hingga polusi di siang hari. Terlebih jika kamu menggunakan riasan, maka produk-produk tersebut rentan membuat kerusakan. Karena itu, perlu untuk membersihkan wajah secara menyeluruh di malam hari untuk menghilangkan segala paparan berbahaya yang mengenai kulit setelah seharian beraktivitas, sehingga kulit akan bebas dari kusam.(Hdi)

BERITA TERKAIT