test

Kesehatan

Rabu, 26 Februari 2020 10:01 WIB

5 Bahan Alami Atasi Kulit Gatal Akibat Banjir

Editor: Ferro Maulana

Banjir yang menggenangi sekitar rumah tentu berpengaruh terhadap kesehatan kulit (Foto: Dok PMJ News)

PMJ - Sebagaian wilayah Jakarta kembali terendam banjir. Tak dipungkiri, biasanya genangan air berdampak pada kesehatan kulit seperti gatal-gatal. Kondisi tersebut tentu membuat Anda tidak nyaman

Biasanya gatal-gatal yang dialami seseorang disebabkan air genangan yang terkontaminasi bakteri. Berikut beberapa rekomendasi bahan alami yang bisa mengatasinya, sebagaimana dilansir Medicalnewstoday, Rabu (26/2/2020).

1. Baking soda

Baking soda dipercaya mampu membunuh jamur yang mungkin saja menempel di kulit kaki saat banjir. Bahkan baking soda juga bisa mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Jika kamu ingin mencobanya, disarankan untuk mandi dengan larutan baking soda dan air hangat.

2. Air mawar

Air mawar dianggap ampuh dalam mengatasi gatal-gatal di kulit. Air mawar bisa membersihkan kulit yang terpapar banjir karena mengandung anti-inflamasi yang juga mencegah infeksi kulit lebih lanjut.

3. Cuka apel

Beberapa beauty influencer merekomendasikan cuka apel sebagai bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah gatal kulit akibat banjir.

Cuka apel juga dipercaya bisa menjadi disinfektan dan antiseptik alami. Untuk menggunakannya, kamu bisa melarutkan cuka apel dengan air dengan perbandingan 1:1 dan basuh ke area kaki yang gatal.

4. Mentol essence

Bahan alami ini dianggap bisa mengatasi gatal-gatal pada kulit akibat air banjir. Cara penggunaannya bisa dilarutkan dengan air hangat, kemudian kaki direndam di dalamnya. Penambahan minyak hangat direkomendasikan untuk hasil yang lebih baik.

5. Lidah buaya

Lidah buaya juga dianggap bisa mengatasi gatal-gatal di kulit akibat banjir. Lidah buaya merupakan pelembap alami yang langsung bisa diserap kulit.

Mengoleskan langsung batang lidah buaya memang direkomendasikan. Namun kalau kamu hanya memiliki lidah buaya dalam bentuk gel, itu pun bisa digunakan.(Hdi)

BERITA TERKAIT