test

Kesehatan

Minggu, 30 Agustus 2020 13:00 WIB

Jangan Asal, Ini Cara Tepat Cuci Masker Kain

Editor: Hadi Ismanto

mencuci masker kain sebaiknya tidak menggunakan pengharum pakaian (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi)

PMJ - Selama masa pandemi Covid-19, masyarakat diminta tetap menggunakan masker kain saat beraktivitas. Pasalnya, ,asker menjadi salah satu alat pencegah paparan virus corona di luar ruangan.

Namun, penggunaan masker bisa juga memunculkan masalah baru seperti wajah berjerawat. Keluhan ini berasal dari efek pemakaian masker atau yang biasa disebut dengan 'Mascne'.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Klinik Bamed, dr Sonia Hanifati menjelaskan, penggunaan masker membuat kulit wajah lebih lembap dan di momen yang sama kulit wajah tersumbat untuk 'bernapas'.

"Saat pakai masker, kulit wajah yang tertutupi menjadi sangat lembap atau bisa dibilang tingkat moisture-nya kulit berlebihan. Nah, kondisi semakin buruk ketika wajah tertutupi masker, alhasil kulit tidak bisa bernapas dengan baik. Timbul jerawat,"dr Sonia Hanifati belum lama ini.

Sebagai solusinya, kata dr Sonia, yang harus menjadi perhatian masyarakat adalah saat mencuci masker kain. Disarankan tidak usah menambahan pengharum ataupun pelembut pakaian. Hal inii malah akan memberi efek buruk pada wajah Anda.

"Khususnya pada mereka yang punya kulit sensitif, penggunaan pelembut atau pengharum pakaian malah berisiko memperburuk kondisi kulit wajah Anda yang sensitif. Karena itu, kami selalu sarankan untuk cukup cuci masker kain dengan deterjen," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT