test

Kesehatan

Rabu, 12 Februari 2020 12:29 WIB

Ngeri Banget! Ini Dampak Buruk Narkoba Benzo yang Dikonsumsi Lucinta Luna

Editor: Ferro Maulana

Narkoba Benzo. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi).

PMJ – Baru-baru ini masyarakat dikejutkan dengan penangkapan Selebgram Lucinta Luna yang mengonsumsi narkoba benzo. Lucinta dibekuk oleh anggota dari Polres Metro Jakarta Barat. Namun, tahukah kamu apa itu narkoba benzo dan dampak negatifnya bagi tubuh kita?

Benzo yang mempunyai nama lengkap Benzodiazepin merupakan jenis obat yang dikategorikan sebagai obat psikoaktif. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi gejala gangguan psikologi seperti gangguan kecemasan (anxiety disorder) dan insomnia.

Benzodiazepine berperan sebagai obat penenang, anti kecemasan, hipnotik (membuat tidur lebih mudah), serta dapat melemaskan otot-otot tubuh.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus saat berikan keterangan. (Foto :PMJ/Fjr).

Diketahui, Benzo termasuk ke dalam psikotropika golongan tiga atau empat yang biasanya berbentuk tablet. Pengguna obat tersebut hanya diperbolehkan di bawah pengawasan ahli. Alasannya, zat tersebut memiliki beberapa efek samping seperti, kantuk, kebingungan, pusing, gemetar, gangguan koordinasi, gangguan penglihatan, bahkan dapat memicu depresi.

Adapun jenis obat yang tergolong kategori Benzodiazepin antara lain, dumolid, alprazolam, chlordiazepoxide, clobazam, clonazepam, diazepam, estazolam, lorazepam, dan midazolam

Alasan Benzo Disukai Generasi Muda

Mereka yang mengonsumsi benzo sangat rentan dengan gangguan psikis. Mulai dari kecemasan, gelisah, hingga sulit tidur atau insomnia. Tuntutan untuk selalu tampil sesuai dengan ekspetasi teman-teman serta prima dengan gaya hidup yang serba glamour, membuat para pesohor layar kaca menggunakan beragam cara.

Narkoba Benzo. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi).

Selain itu, pengguna yang mengonsumsi narkoba Benzo sering beralasan merasa kesepian dan merasa sedih setiap malam. Tentunya para publik figur kerap terjerat narkoba. Tujuannya jelas, ingin mengatasi rasa depresi secara instan. Padahal yang mereka rasakan hanya ketenangan semu.

Narkoba Benzo bekerja langsung pada sistem saraf pusat dan memengaruhi proses pengiriman sinyal di otak manusia. Ketika seseorang merasa terlalu cemas, otak akan menjadi terlalu aktif dan bersemangat karena merasa tertekan dan menerima rangsangan dari luar.

Penyalahgunaan Benzo

Obat penenang seperti benzodiazepine, seringkali disalahgunakan untuk mengatasi gejala psikologis yang sebenarnya tidak memerlukan penggunaan obat tersebut.

Bila seseorang mengonsumsi obat tersebut namun tak terjadi aktivitas yang berlebihan pada otak, maka obat ini hanya akan menurunkan fungsi otak dan membuat kinerja otak jadi kacau.

Dampak Buruk Benzo Jangka Panjang

Resiko penggunaan Benzo dalam jangka panjang adalah resiko fisik, mental dan sosial yang signifikan. Meskipun kecemasan sementara dapat meningkat sebagai gejala penarikan, ada bukti bahwa pengurangan atau penarikan benzodiazepine dapat menyebabkan penurunan gejala kecemasan dalam jangka panjang.

Beberapa gejala yang mungkin terjadi akibat penarikan benzodiazepin setelah penggunaan jangka panjang di antaranya, keruh emosi, bunuh diri , mual , sakit kepala , gangguan memori , perubahan kepribadian, depresi , kemunduran sosial, serta kesulitan dalam bekerja.

Sedangkan penggunaan dosis tinggi dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit bernafas kemudian koma. Sebuah penelitian menyatakan bahwa, penggunaan obat Benzodiazepine dalam jangka panjang akan menyebabkan peningkatan risiko demensia alias pikun.

Penggunaan obat ini dapat menimbulkan ketergantungan, sehingga pemakaiannya memang harus hati-hati dan sesuai dengan anjuran dokter khusus.

Artis-artis yang Pernah Konsumsi Narkoba Benzo

Bercermin dari kasus narkoba yang dialami Lucinta Luna, berikut artis tanah air yang pernah mengkonsumsi narkoba dengan kandungan Benzodiazepin Nunung, Tora Sudiro, Mieke Amalia, Fachri Albar, Roro Fitria, dan Ridho Roma.

Redaksi PMJ News pun mengimbau kepada generasi muda khususnya generasi milenial untuk menjauhkan diri dari narkoba. Karena apapun jenis narkoba memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita dan menjadikan masa depan seseorang menjadi suram. (DBS/ FNI/ FER).

BERITA TERKAIT