test

News

Kamis, 16 Juni 2022 21:01 WIB

Gandeng Kejagung, Kemenkeu Tingkatkan Pengawasan Keuangan Negara

Editor: Hadi Ismanto

Kementerian Keuangan dan Kejaksaan Agung menandatangani kerja sama dalam meningkatkan pengawasan keuangan negara. (Foto: PMJ News/Istimewa)

PMJ NEWS - Kementerian Keuangan dan Kejaksaan Agung menandatangani kerja sama dalam meningkatkan pengawasan keuangan negara. MoU dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dengan Jaksa Agung Muda Intelijen dan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mejelaskan dari kerja sama tersebut akan sangat membantu dalam pelaksanaan jajaran bea dan cukai melakukan tugasnya di lapangan.

"Yang pasti berhadapan dengan banyak pelaku ekonomi dan dalam penegakan peraturan perundang-undangan dengan kepabeanan," ujar Sri Mulyani di Gedung Kemenkeu Jakarta, Kamis (16/6/2022).

"Tugas bea dan cukai tentu saja selain menjaga keuangan negara juga mendukung industri dan juga di dalam menciptakan kondisi ekonomi agar pulih," sambungnya.

Menurut dia, kerja sama yang dilakukan saat ini merupakan waktu yang tepat. Karena saat ini komoditas sedang mengalami lonjakan harga yang sangat tinggi, yang mana itu akan menambah tekanan terhadap kerja di lapangan.

"Dilakukan kerja sama dengan JAMPIDSUS untuk kita juga saling tukar informasi terutama juga laporan-laporan yang berasal dari masyarakat. Kita juga berharap ini juga bisa ditindaklanjuti sedini mungkin, jangan sampai menimbulkan kecurigaan ya," tuturnya.

Sri Mulyani menilai kerja sama yang dilakukan tersebut sangat penting. Itu karena presiden selama ini terus menekankan bagaimana untuk terus menjaga ekonomi dan pemulihan ekonomi.

"Namun hak negara dan juga peraturan perundang-undangan juga harus tetap dilakukan secara konsisten. Jadi jangan sampai penegakan hukum dan peraturan tidak dipandang sebagai yang menghalangi untuk melaksanakan berbagai kegiatan ekonomi masyarakat," tukasnya.

BERITA TERKAIT