test

Kesehatan

Senin, 17 Februari 2020 09:04 WIB

5 Cara Alami Atasi Perut Kembung

Editor: Ferro Maulana

Perut kembung terkadang mengganggu aktifitas kamu, atasi dengan cara alami (Foto: Dok Net)

PMJ - Perut kembung atau begah merupakan gangguan kesehatan yang paling sering terjadi pada setiap orang. Kondisi ini tentu membuat kamu tidak nyaman saat beraktivitas.

Sebenarnya kamu tak perlu khawatir, kebanyakan perut kembung tidak berbahaya dan dapat mereda seiring waktu. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat kesembuhannya

Seperti dirangkum redaksi dari berbagai sumber, Senin (17/2/2020), berikut beberapa tips sederhana untuk mengatasi perut kembung selain minum obat.

1. Kompres air panas

Suhu hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga darah pembawa oksigen bisa mengalir dengan lancar. Bukan hanya itu, otot-otot perut akan lebih kendur dan rileks sehingga mengurangi nyeri, kembung, serta membantu keluarkan kelebihan gas.

2. Beri pijatan pada perut

Tanpa sadar, memijat perut dapat membantu melancarkan pergerakan sistem pencernaan saat mengolah makanan di dalam perut. Pada akhirnya, setidaknya dapat membantu mengatasi perut kembung yang kerap terasa mengganggu.

Pijatan pada perut memang diyakini bisa meredakan ketidaknyamanan karena perut kembung. Namun, jika dirasa tidak kunjung membaik dan malah memperparah kembung, sebaiknya hentikan pijatan dan pilih perawatan lainnya.

3. Makan pelan-pelan

Para ahli menganjurkan untuk makan pelan-pelan jika tidak ingin keluhan perut kembung semakin bertambah parah. Ini karena makan terlalu cepat bisa memicu masuknya banyak udara ke dalam sistem pencernaan.

Sebaiknya selalu mengunyah makanan sampai halus terlebih dahulu sebelum menelannya. Dengan begitu, dapat mencegah munculnya gangguan percenaan, termasuk perut kembung.

4. Hindari minum soda

Minuman berkarbonasi mengandung banyak gas yang dapat menumpuk di dalam perut, khususnya sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan bir, soda, dan minuman berkarbonasi memiliki sejumlah kandungan karbon dioksida di dalamnya.

Karbon dioksida tersebut dapat menimbulkan gelembung di perut, sehingga mengakibatkan kembung.

5. Hindari merokok Merokok justru dapat memperparah perut kembung. Sebab saat kamu menelan asap rokok, di saat yang sama pula udara akan masuk ke dalam tubuh sehingga menimbulkan gas. Di sisi lain, kebiasaan ini juga membuka peluang timbulnya iritasi pada pencernaan.

BERITA TERKAIT