test

Kesehatan

Jumat, 21 Februari 2020 10:01 WIB

Tak Hanya Buahnya, Kulit Pisang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Editor: Ferro Maulana

Kulit Pisang juga bermanfaat bagi kesehatan (Foto: Ilustrasi/ PMJ News/ FIF).

PMJ - Setiap orang tentu tidak asing dengan buah pisang. Buah ini mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh seperti serat, protein yang tinggi, vitamin A, vitamin B, mangan, potasium, folat, dan zat besi. Kandungan itu bisa meningkatkan energi tubuh.

Namun kebanyakan masyarakat hanya mengetahui manfaat buahnya saja. Dengan kandungannya yang beragam, pisang bisa diolah menjadi berbagai sajian. Bahkan pisang pun menjadi pilihan bagi seseorang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

Dibalik enaknya buah pisang, ternyata bagian kulit pisang pun memiliki khasiat yang tak kalah hebatnya lho. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/2/2020), berikut manfaat kulit pisang bagi tubuh.

1. Menyehatkan Kulit

Kandungan antioksidan yang ada di kulit pisang bisa membantu mengurangi kerutan, membuat wajah lebih mulus dan bersinar. Untuk mengurangi kerutan, gosok kulit pisang langsung pada area yang diinginkan. Diamkan zatnya yang lengket selama sekitar 30 menit kemudian cuci muka Anda.

Jika ingin membuat kulit lembab, kamu hanya perlu menumbuk kulitnya hingga menjadi pasta. Campurkan dengan kuning telur lalu aduk. Setelah itu, oleskan campuran secara merata ke seluruh wajah hingga leher. Tunggu sekitar lima menit lalu cuci hingga bersih.

Untuk membuat wajah lebih bersinar, caranya gosokkan bagian dalam kulit pisang ke wajah menjelang waktu tidur. Diamkan semalaman dan bilas keesokan harinya menggunakan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Membantu Memutihkan Gigi

Banyak yang lupa jika ternyata ada cara alami untuk mengatasi gigi kuning, salah satunya dengan menggunakan kulit pisang. Kandungan potasium atau kalium yang terdapat di kulit pisang bisa membantu memutihkan gigi.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengosok bagian dalam kulit pisang ke gigi selama sekitar dua minggu. Hasilnya akan terlihat jika Anda melakukannya secara rutin.

2. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Bagi Anda yang memiliki permasalahan susah tidur, cobalah cara yang satu ini. Kandungan serotonin yang terdapat pada kulit pisang membantu kamu merasa lebih rileks.

Tenang saja, bukan berarti kamu harus mengonsumsi kulit pisang secara langsung. Cukup menggosokkan bagian dalam yang berwarna putih ke kulit kemudian bilas atau bisa pula dengan memblendernya.

4. Menurunkan Kolesterol

Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi, begitu pun pada kulitnya. Bahkan kandungannya jauh lebih banyak dibanding pada buahnya. Asupan serat yang ada pada kulit pisang bisa membantu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah dan mengikatnya di usus.

Kolesterol yang telah terikat kemudian keluar dari tubuh menjadi limbah sehingga menghindari penyumbatan pada pembuluh darah.

5. Menjaga Kesehatan Mata Kulit pisang memiliki kandungan lutein, yaitu antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas penyebab kerusakan mata. Selain itu, zat tersebut bisa melindungi mata dari radiasi UV matahari yang berbahaya.(Hdi)

BERITA TERKAIT