test

Kesehatan

Senin, 24 Februari 2020 09:04 WIB

Sering Pusing dan Badan Pegal, Begini Cara Sehat Bangun dari Tidur

Editor: Ferro Maulana

Mulai harimu dengan angun tidur lebih awal (Foto: Ilustrasi/PMJ News/FIF).

PMJ - Mungkin kamu pernah mengalami kepala pusing dan badan terasa sakit sesaat setelah bangun tidur? Hal tersebut biasanya disebabkan kamu tergesa-gesa ketika bangun.

Lalu, bagaimana sebetulnya cara yang tepat untuk bangun dari posisi tidur? Seperti dilansir laman Timesofindia, Senin (24/2/2020), berikut rekomendasi tahapan sehat jika kamu bangun tidur.

1. Bangun dari sisi kanan

Dari ilmu Ayurveda menyarankan untuk bangun dari sisi kanan tempat tidur. Sistem kepercayaan Ayurveda mengklaim bahwa tubuh kita memiliki Surya Nadi di sisi kanan tubuh. Jadi, ketika berdiri di sisi kanan, hal ini dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan.

Di sisi lain, ilmu pengetahuan menyakini bahwa tubuh kita memiliki dua medan magnet di sekitarnya, satu bergerak dari kepala ke kaki dan yang lain bergerak ke arah berlawanan. Jadi, ketika kita bangun di sisi kanan maka kita memperkuat medan magnet kedua tubuh.

2. Hindari bangun tiba-tiba

Hindari bangun tidur terburu-buru, tergesa-gesa langsung melompat dari kasur. Usahakan selalu luangkan waktu dan lakukan peregangan sebelum turun dari tempat tidur.

3. Gunakan tangan untuk bangun

Ketika bangun dari tempat tidur, gunakan kedua tangan untuk mendorong diri dalam posisi duduk. Langkah ini akan mencegah tekanan yang tidak diinginkan pada bagian leher dan punggung.

4. Rileks Setelah berhasil memposisikan diri dalam posisi duduk di tempat tidur, jedakan waktu sejenak dan istirahatlah terlebih dahulu. Jangan langsung berdiri dalam sekejap.(Hdi)

BERITA TERKAIT