test

News

Selasa, 31 Mei 2022 17:23 WIB

BPOM: Vaksin Merah Putih Masuk Uji Coba Klinis Fase Ketiga Juni Pekan Kedua

Editor: Hadi Ismanto

Kepala BPOM, Penny K Lukito saat memberikan keterangan pers (Foto: PMJ News/YouTube BPOM).

PMJ NEWS - Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Penny Kusumastuti Lukito menyampaikan perkembangan pengembangan Vaksin Merah Putih. Menurut dia, vaksin ini akan memasuki uji klinis fase ketiga pada pekan kedua Juni mendatang.

"Saat ini Unair dan Biotis sedang menyelesaikan tahap akhir fase kedua dan akan segera memasuki fase ketiga," ujar Penny dalam rapat bersama Komisi IX DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Adapun fase ketiga bakal menguji kekebalan vaksin terhadap virus Covid-19 dengan jumlah sampel yang lebih besar ketimbang fase kedua. Sebelumnya, tim peneliti menghitung uji coba Vaksin Merah Putih untuk fase ketiga bakal melibatkan 3.500 relawan.

Lebih lanjut Penny menjelaskan, penyelesaian tahap uji klinis fase ketiga ini kemungkinan bisa lebih cepat dari perkiraan sebelumnnya. Dia mengestimasikan akan selesai pada Agustus 2022.

Percepatan ini, kata Penny, didorong oleh penggunaan metogologi baru untuk penelitian yang mengacu pada metode yang dikembangkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan National Regulatory Agencies (NRAs).

"Ada metodologi baru, bisa menggunakan percepatan seperti tidak perlu efikasi," ucapnya.

Selain Vaksin Merah Putih, Penny juga menjabarkan terkait kemajuan Vaksin Sarcov 2 yang sedang dikembangkan PT Bio Farma (Persero) dengan Baylor College Medicine.

"Bio Farma dengan Baylor telah mengembangkan dua jenis vaksin, yakni yang dengan ajuvan alum dan ajuvan alum CPG," terangnya.

Sama seperti Vaksin Merah Putih, vaksin produksi Bio Farma bakal segera memasuki tahap ketiga pengujian. Adapun kini vaksin Covid-19 di dalam negeri telah mendapatkan sertifikasi halal seiring dengan pengembangannya.

BERITA TERKAIT