logo-pmjnews.com

test

News

Rabu, 6 Januari 2021 18:44 WIB

Jokowi: Vaksinasi Tunggu Izin Penggunaan Darurat Dari BPOM

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo. (Foto: Instagram Jokowi)
Presiden Joko Widodo. (Foto: Instagram Jokowi)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah masih menunggu izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelum memulai vaksinasi Covid-19.

Jokowi memperkirakan izin EUA tersebut akan terbit pada pekan ini. Namun, vaksinasi dilakukan dua atau tiga hari setelah izin keluar.

"Kita masih menunggu hasil pengujian, nanti akan keluar yang namanya izin darurat penggunaan dari BPOM. Kita harapkan minggu ini atau minggu depan keluar," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Jokowi kembali menyatakan dirinya jadi orang pertama yang akan disuntik vaksin. Langkah itu, lanjut dia, akan memberi kepercayaan bagi masyarakat bahwa vaksin aman.

Presiden juga menjamin vaksin Covid-19 yang akan diberikan kepada masyarakat aman. Sebab, telah melalui uji klinis di berbagai negara.

"Harapan setelah nanti mulai vaksinasi keadaan kembali normal, kalau sudah kira-kira 70 persen penduduk Indonesia disuntik vaksin," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksinasi Covid-19 akan dimulai Rabu (13/1). Vaksinasi perdana akan digelar di Jakarta.

BERITA TERKAIT