test

News

Jumat, 27 Mei 2022 10:21 WIB

Ternyata Begini Cara Teroris di Indonesia Galang Dana untuk ISIS

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Aksi terorisme. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Fifi).

PMJ NEWS - Polri mengatakan terdapat sejumlah cara yang kerap dilakukan tersangka teroris di Indonesia dalam mengumpulkan dana untuk Negara Islam, Irak dan Suriah (ISIS). Salah satunya dengan penggalangan dana kemanusiaan.

Mengenai cara para teroris mengumpulkan dana untuk ISIS, masyarakat diminta untuk tetap waspada dan berhati-hati.

"Masyarakat harus memahami bahwa ada penggalangan dana yang berkedok kemanusiaan yang merupakan afiliasi kelompok teroris," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Jumat (27/5/2022).

Kata Ramadhan, dana yang diperoleh dari penggalangan kemanusiaan itu biasanya digunakan untuk mendukung kegiatan para teroris. Seperti pemberangkatan para jihad ke medan pertempuran, pelatihan teroris, dan mendukung penyembunyian para tersangka yang masuk daftar pencarian orang (DPO).

"Ada juga untuk pembelian senjata dan lain sebagainya," bebernya.

Kemudian, dari hasil penyelidikan, Ramadhan mengatakan terdapat beberapa fenomena atau modus penggalangan dana oleh para teroris.

Modus-modus pencarian dana yang dilakukan itu ialah offline atau dalam bentuk sumbangan/donasi. Penggalangan dana ini dilakukan dengan berbagai cara, baik menyumbangkan atau memberikan uang/aset yang dimiliki secara langsung kepada sesama anggota kelompok untuk melaksanakan rencana tindak pidana terorisme, maupun menjual aset pribadi.

"Aset pribadi merupakan salah satu cara untuk mendanai diri sendiri sebagai modal untuk melaksanakan kegiatan tindak pidana terorisme," tukas Ramadhan.

BERITA TERKAIT