test

Kesehatan

Senin, 9 Maret 2020 09:04 WIB

Riset, Aktivitas Fisik Bisa kurangi Resiko Depresi

Editor: Ferro Maulana

Olahraga juga bisa berdampak buruk jika dilakukan secara berlebihan. (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Fif).

PMJ - Sebuah studi terbaru menyebut aktivitas fisik atau berolahraga bisa mengurangi risiko depresi pada orang dewasa. Penelitian tersebut menyatakan olahraga dapat mengimbangi kecenderungan genetik terhadap depresi.

Hasil penelitian tersebut berlaku juga pada remaja yang merupakan kelompok rentan depresi. Sayangnya, remaja jarang melakukan aktivitas fisik, terutama kaum perempuan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan satu jam olahraga sedang hingga keras setiap hari untuk remaja. Waktu tersebut di luar aktivitas apa pun yang mereka lakukan di sekolah.

Studi prospektif yang diterbitkan dalam jurnal "The Lancet Psychiatry" edisi Maret menemukan, aktivitas ringan bahkan dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik seiring bertambahnya usia.

Para peneliti melihat aktivitas remaja pada usia 12, 14 dan 16 tahun. Para partisipan memakai perangkat yang disebut akselerometer yang dapat terus mengukur aktivitas mereka pada siang hari.

Penulis pertama pada studi baru, Aaron Kandola dari University College London menyebut remaja menghabiskan rata-rata hampir sembilan jam sehari untuk kegiatan yang sedikit memerlukan aktivitas fisik. Kebiasaan tersebut dinilainya sulit diubah secara signifikan.

"Mungkin berguna untuk membangun aktivitas yang lebih ringan, misalnya dengan membentuk kembali kegiatan berolahraga di lingkungan sekolah," jelasnya.

Seorang profesor ilmu gerakan manusia di Old Dominion University, Xihe Zhu mengatakan, latihan fisik lebih baik dibandingkan yang tidak berolahraga. Zhu adalah penulis pertama pada studi serupa di 2019 terhadap anak dan remaja 6 hingga 17 tahun di AS.

Studi tersebut menyatakan anak dan remaja yang tidak berolahraga mengalami risiko dua kali lipat memiliki masalah kesehatan mental. Utamanya, yang berkaitan dengan kecemasan dan depresi dibandingkan mereka yang rutin berolahraga.(Hdi)

BERITA TERKAIT