test

News

Kamis, 19 Mei 2022 11:22 WIB

Kapasitas Penumpang KRL Jabodetabek Sekarang Bisa Terisi 80 Persen

Editor: Ferro Maulana

Ilustrasi suasana gerbong KRL Commuter Line. (Foto: PMJ News/Hadi).

PMJ NEWS -  VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menerangkan, kapasitas penumpang kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek sekarang bisa terisi 80 persen.

Hal itu merujuk terhadap aturan baru dari pemerintah melalui Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 57 Tahun 2022.

"KAI Commuter mulai (18/5/2022) menjalankan operasi dan layanan KRL dan KA Lokal sesuai aturan terbaru dari pemerintah yakni Surat Edaran Kemenhub Nomor 57 tahun 2022,” terang Anne dalam siaran persnya, Kamis (19/5/2022).

“Dalam aturan, kereta komuter di wilayah aglomerasi termasuk KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta – Solo diperkenankan melayani pengguna hingga 80 persen dari kapasitas atau sebanyak 130-135 pengguna per kereta,”ujarnya.

“Ini merupakan peningkatan setelah sebelumnya hanya melayani 60 persen dari kapasitas," katanya lagi.  

"Sedangkan untuk kapasitas pengguna KA-KA Lokal perkotaan di wilayah Merak, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya diatur jumlah pengguna paling banyak 100 persen sesuai kapasitas,”jelasnya menambahkan.

“Walaupun terdapat aturan perjalanan yang lebih fleksibel sejalan dengan penanganan pandemi Covid-19 yang membaik, seluruh pengguna tetap perlu mengikuti aturan dan protokol kesehatan yang berlaku," tandasnya.

Meskipun kapasitas bertambah jadi 80 persen, Anne menegaskan seluruh pengguna wajib mengenakan masker dan tetap menjaga jarak saat duduk maupun berdiri ketika di dalam rangkaian kereta.

BERITA TERKAIT