test

News

Rabu, 24 Februari 2021 15:35 WIB

Cegah Hujan di Jabodetabek, BPPT dan TNI AU Tebar 4.800 Kg Garam

Editor: Hadi Ismanto

BPPT melakukan modifikasi cuaca untuk mencegah banjir di wilayah Jabodetabek. (Foto: PMJ News/Instagram BPPT).

PMJ NEWS - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kembali mengerahkan tim Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), Rabu (24/2/2021). Modifikasi cuaca ini untuk mengurangi tingginya curah hujan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Koordinator Lapangan TMC, Dwipa W Soehoed menyebut tim TMC terdiri dari BPPT dan TNI AU melakukan tiga kali penerbangan untuk menyemai kumparan awan. Sebanyak 4.800 kilogram garam yang disemai.

"Kita optimalkan hari ini tiga kali penerbangan untuk menghalau awan-awan yang masuk dari barat dan barat laut pulau jawa ke wilayah Jabodetabek," jelas Dwipa di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/2/2021).

Dwipa menjelaskan, metode TMC yang dilakukan adalah menyemai garam pada awan yang berpotensi hujan lebat. Dengan begitu pergerakan awan konvektif diharapkan tidak masuk wilayah Jabodetabek.

Sebagai informasi, fenomena siklon tropis diketahui bisa memicu gelombang tinggi perairan, hujan lebat yang disertai angin kencang di Jabodetabek.

Siklon Tropis dikhawatirkan bergerak dari utara ke selatan pulau Jawa. Hal ini yang dapat berpotensi hujan ekstrem di atas 150 milimeter per hari di Jabodetabek.

BERITA TERKAIT