test

Kesehatan

Jumat, 13 Maret 2020 09:03 WIB

Mantan Menkes Ingatkan Para Perokok Rentan Terjangkit Corona

Editor: Hadi Ismanto

Mantan Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek dalam sebuah kesempatan. (Foto : Dok Net)

PMJ - Mantan Menteri Kesehatan, Nila Moeloek mengingatkan kepada perokok aktif dan pasif untuk waspada terhadap virus corona. Pasalnya, orang yang memiliki kualitas paru kurang baik lebih rentan terjangkit virus Covid-19.

"Ini bukan hanya untuk menakut-nakuti perokok, tapi untuk jaga diri kita sendiri juga," ujar Nila kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Selain perokok, kata Nila, para lansia juga mempunyai risiko lebih besar terhadap corona. Sebab, kualitas parunya yang kurang efektif. Terlebih menurut dia, paru orang dewasa dinilai lebih kotor karena telah difungsikan lebih lama.

“Apalagi kalau merokok, virus itu merusak parunya kan lebih cepat. Tapi usia muda paru masih bagus, lebih tahan. Karena biasanya paru usia muda lebih baik,” tuturnya.

Karenanya, Nila mengimbau agar upaya protektif terhadap diri sendiri menjadi fokus yang perlu diperhatikan di tengah kekhawatiran Covid-19. Bahkan, ia mengatakan, bertemu dengan orang dari negara lain juga sebaiknya dihindari dahulu.

“Apalagi dari negara dengan tingkat penyebaran tinggi. Teknologi kan sudah canggih, bisa lewat ponsel untuk komunikasi. Jadi kontak langsung dihindari dulu,” tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT