Hukrim

Selasa, 17 Mei 2022 16:30 WIB

Polri Ungkap Identitas dan Peran 24 Tersangka Teroris MIT Poso

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Keterangan Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dan jajarannya. (Foto: PMJ News/ Yeni).

PMJ NEWS -  Identitas 24 tersangka teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso yang juga pendukung ISIS terungkap. Mereka ditangkap dari tiga wilayah berbeda di Indonesia, yakni Sulawesi Tengah, Bekasi dan Kalimantan Timur.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menjelaskan 24 tersangka teroris itu masing-masing berinisial MIR, BSS, ETO, MB, IS, FM, TT, SH, H, AWS, DRM, TL, AMW, MN, EA, DM, S, RK, LY, RK, ISR, MAM, K, dan FS.

"Rinciannya, 22 tersangka ditangkap di Sulawesi Tengah,  satu tersangka di Bekasi dan satu ditangkap di Kalimantan Timur," kata Ramadhan kepada wartawan, Selasa (17/5/2022).

Ramadhan melanjutkan, para tersangka teroris ini terlibat dalam sejumlah kegiatan terorisme di Indonesia, antara lain mengikuti pelatihan-pelatihan dan baiat kepada Amirul Mukminin.

Keterangan Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dan jajarannya. (Foto: PMJ News/ Yeni).
Keterangan Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dan jajarannya. (Foto: PMJ News/ Yeni).

"Dimana kita ketahui organisasi ISIS sudah memiliki pemimpin baru, jadi beberapa orang ini telah melakukan baiat kepada pemimpin ISIS yang baru yaitu Abu Hasal Al Hasyim Al Quraisy," sambungnya.

Para tersangka teroris juga turut memberikan dukungan ke kelompok MIT Poso dengan cara bergabung dan membantu menyiapkan logistik termasuk amunisi. Kemudian menyembunyikan informasi kegiatan MIT Poso.

"Mereka melakukan baiat kepada Amirul Mukminin yang baru dengan berbaiat secara mandiri dengan membaca teks yang dikirim melalui grup medsos. Juga turut melakukan kegiatan Idat di Sulawesi Tengah," papar Ramadhan panjang lebar.

Diberitakan sebelumnya, Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti-teror Polri berhasil meringkus tersangka teroris sebanyak 24 orang. Penangkapan terhadap puluhan tersangka teroris dilakukan pada Sabtu, 14 Mei 2022.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan 24  tersangka teroris itu masuk ke dalam kelompok MIT (Mujahidin Indonesia Timur) Poso dan ISIS.

"Densus 88 Antiteror Polri menangkap 24 tersangka teroris kelompok MIT Poso dan ISIS," kata Ramadhan kepada wartawan dalam keterangannya, Senin (16/5/2022).

Ramadhan menjelaskan, 24 tersangka teroris ini diringkus dari sejumlah wilayah di Indonesia, mulai dari Jawa Barat, Sulawesi hingga Kalimantan.

 

 

BERITA TERKAIT