Kesehatan

Senin, 16 Mei 2022 10:27 WIB

3 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Cuaca Panas

Editor: Hadi Ismanto

Cuaca gelombang panas. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ NEWS - Sejumlah negara, termasuk Indonesia kini tengah dilanda cuaca panas yang diperkirakan berlangsung hingga pertengahan Mei 2022. Masyarakat pun diminta untuk menjaga stamina dan kecukupan cairan tubuh.

Dikutip dari dokumen Centers for Disease Control and Preventio (CDC), cuaca panas dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti gangguan kardiovaskular, penyakit pernapasan, hipertermia, serebrovaskular serta kondisi terkait diabetes dan Heat stroke.

Sebagaimana dikutip dari laman Kesehatan Dunia (WHO), Senin (16/5/2022), berikut beberapa hal yang harus dilakukan saat cuaca panas seperti sekarang ini.

1. Jaga Agar Rumah Tetap Sejuk
Saat cuaca panas, pastikan ruangan tetap sejuk. Periksa suhu kamar antara pukul 08:00 dan 10:00, pukul 13:00, dan pada malam hari setelah pukul 22:00 WIB.

Idealnya, suhu ruangan harus dijaga di bawah 32 derajat Celsius pada siang hari dan 24 derajat Celsius pada malam hari. Ini sangat penting untuk bayi atau orang yang berusia di atas 60 tahun atau memiliki kondisi kesehatan kronis.

Gunakan udara malam untuk mendinginkan rumah. Buka semua jendela dan daun jendela pada malam hari dan pagi hari ketika suhu luar lebih rendah.

Sebaiknya tutup jendela terutama yang menghadap matahari di siang hari. Gantung tirai, gorden, awning atau kisi-kisi di jendela yang menerima sinar matahari pagi atau sore.

2. Hindari Kontak dengan Matahari
Saat cuaca panas, ada baiknya menghindari kontak langsung dengan cahaya matahari. Berdiam diri di rumah lebih baik daripada pergi ke luar saat cuaca terik.

Selain membahayakan kesehatan, kontak dengan sinar matahari langsung saat cuaca panas dapat menyebabkan sengatan matahari. Jika memungkinkan, hindari aktivitas fisik yang berat selama cuaca panas.

3. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi
Pastikan selalu di tempat teduh. Jangan membiarkan anak-anak, hewan peliharaan, atau bahkan kendaraan berada di bawah sinar matahari langsung.

Jika biasanya mandi dengan air panas, saat cuaca terik, mandilah dengan air dingin. Saat cuaca panas, tubuh akan mudah berkeringat untuk mendinginkan suhu badan. Kenakan pakaian yang ringan dan longgar untuk menghindari gampang berkeringat.

Gunakan seprai tipis untuk menghindari akumulasi panas. Selain itu, jaga tubuh tetap terhidrasi. Minum air secukupnya. Minumlah secara teratur, tetapi hindari alkohol dan terlalu banyak kafein dan gula.

BERITA TERKAIT