test

News

Kamis, 31 Maret 2022 09:34 WIB

Polri Siapkan Skema Contraflow-One Way Antisipasi Macet Mudik Lebaran

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi. (Foto: PMJ News/Dok Korlantas Polri)

PMJ NEWS - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan skema contraflow-one way jelang mudik Lebaran 2022. Skema ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi kemacetan pada saat mudik Lebaran.

"Persiapan fisik jalan tol khususnya dan tentunya arteri kita kerjakan lagi setelah ini untuk memastikan nanti cara-cara bertindak apa yang akan kita siapkan buat melayani masyarakat yang akan mudik," ujar Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi dalam keterangannya, Kamis (31/3/2022).

Dikatakan Firman, pihaknya memprediksi volume kendaraan akan meningkat di ruas jalan tol atau arteri jelang mudik Lebaran. Ia memastikan seluruh anggotanya akan tetap memantau perkembangan di lapangan.

"Jadi nanti kita semua bekerja tentu berdasarkan situasi di lapangan. Kami akan siapkan langkah antisipasi tingginya arus mudik, seperti manajemen peningkatan kapasitas jalan yaitu menambah ruas jalur yang akan digunakan," sambungnya.

Selain itu, Firman juga membeberkan skema contraflow dan one way akan diberlakukan di KM 45, KM 47, KM 69, dan KM 70 Tol Cikampek. Skema tersebut akan diterapkan jika terjadi kemacetan panjang saat mudik dan arus balik.

"Jadi ini sekali lagi untuk menambah kapasitas volume jalan untuk bisa dilalui, tapi ini baru persiapan-persiapan di mana keluar-masuknya, bagaimana pengaturan di pintu tol, semua akan kita cek," terangnya.

Ia berharap, melalui skema ini antisipasi kepadatan lalu lintas jelang mudik Lebaran ini bisa berjalan dengan baik.

BERITA TERKAIT