test

Regional

Selasa, 22 Maret 2022 11:50 WIB

Banjir Terjang Wilayah Pasuruan, Puluhan Rumah Terendam

Editor: Ferro Maulana

Banjir di wilayah Pasuruan. (Foto: Pemkab Pasuruan).

PMJ NEWS - Musibah banjir menerjang Kelurahan Karang Ketug, Kecamatan Gadingrej, Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, pada Senin (21/3/2022) malam, mulai pukul 18.10 WIB.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari menerangkan, terdapat 78 rumah yang terendam air luapan sungai.

Abdul Muhari melanjutkan, banjir terjadi pasca hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi yang lama menyebabkan Sungai Welang meluap.

"Sebanyak 86 KK/335 jiwa di lokasi ini turut terdampak," ujarnya, dalam siaran persnya secara tertulis, Selasa (22/3/2022).

Sedangkan, BPBD Kota Pasuruan melaporkan, hasil pemantauan visual di lapangan, dimana beberapa titik banjir sudah berangsur surut.

Tetapi, ketinggian muka air masih berkisar antara 30 sampai 80 sentimeter.

BPBD Kota Pasuruan juga langsung melakukan kaji cepat sekaligus koordinasi dengan lintas instansi guna memberikan penanganan darurat.

Selain itu, pihaknya telah mengerahkan satu mobil rescue dan satu motor trail untuk melakukan pemantauan di lapangan dan percepatan evakuasi apabila dibutuhkan.

Berikutnya, BMKG telah mengeluarkan informasi peringatan dini untuk hari ini (22/3/2022).

Warga pun diimbau untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di wilayah Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo.

BERITA TERKAIT