test

Kesehatan

Sabtu, 5 Maret 2022 22:01 WIB

Jalan Kaki 15 Menit Sehari Bisa Pangkas Sepertiga Risiko Alzheimer

Editor: Hadi Ismanto

Tujuh kebiasaan setiap hari dapat memangkas hingga sepertiga risiko Alzheimer. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Para ahli di Washington DC VA Medical Center di Amerika Serikat mengungkapkan setengah jam berjalan kaki selama lima hari dalam sepekan atau 15 menit berjalan kaki setiap hari dapat memangkas hingga sepertiga risiko Alzheimer.

Kesimpulan penelitian itu telah dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan ke-74 Seattle American Academy of Neurology. Para ilmuwan meyakini orang yang mempertahankan skala kebugaran yang layak diyakini 33 persen lebih kecil kemungkinan terkena Alzheimer.

Selain itu, para ahli menemukan ketika kebugaran meningkat, risiko Alzheimer berkurang, meski perubahannya tidak proporsional. Karena itu, seseorang dapat bekerja untuk meningkatkan tingkat kebugaran demi menurunkan risiko gangguan progresif di tahap selanjutnya dalam kehidupan.

Seperti dilansir Times Now News, Sabtu (5/3/2022), untuk mencapai kesimpulan ini, peneliti melibatkan 649.605 dokter hewan militer berusia rata-rata 61 tahun. Pada awal penelitian ini, tidak ada peserta yang menderita Alzheimer.

Mereka dipantau selama periode sembilan tahun. Peserta dibagi menjadi lima kelompok tingkat kebugaran dasar, variabel yang ditentukan berdasarkan kinerja peserta dalam tes treadmill.

Untuk orang dewasa paruh baya dan lebih tua, tingkat kebugaran tertinggi dapat dicapai dengan jalan cepat hampir setiap hari dalam sepekan dengan durasi 2,5 jam ke atas per pekan.

Dari kelimanya, kelompok dengan tingkat kebugaran terendah lebih rentan terhadap penyakit dibandingkan dengan kelompok yang fit. Penyakit Alzheimer adalah gangguan progresif yang ditandai dengan disfungsi memori.

BERITA TERKAIT