test

News

Kamis, 24 Februari 2022 17:35 WIB

Kecam Eskalasi Konflik di Ukraina, RI Minta Rusia Hormati Teritorial

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah. (Foto: PMJ News/Dok Kemenlu)

PMJ NEWS - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyampaikan keprihatinan atas eskalasi konflik bersenjata di wilayah Ukraina yang dinilai sangat membahayakan keselamatan rakyat dan berdampak pada perdamaian di kawasan.

Juru Bicara Kemenlu, Teuku Faizasyah menyebut Indonesia mendesak Rusia menghormati kedaulatan dan teritorial Ukraina. Hal ini menanggapi invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina.

"Indonesia menegaskan agar ditaatinya hukum internasional dan Piagam PBB mengenai integritas teritorial dan wilayah suatu negara, serta mengecam setiap tindakan yang nyata-nyata melanggar wilayah teritorial dan kedaulatan suatu negara," ungkap Faizasyah dalam konferensi pers virtual, Kamis (24/2/2022).

Faizasyah mengatakan, sejauh ini Indonesia masih mengharapkan semua pihak untuk tetap mengedepankan perundingan dan diplomasi untuk menghentikan konflik dan mengutamakan penyelesaian damai.

Terkait dengan perlindungan warga negara Indonesia di Ukraina, Faizasyah mengatakan KBRI Kiev telah mengambil langkah-langkah yang duperlukan demi keselamatan.

"Sesuai dengan rencana kontijensi yang disiapkan," ucapnya.

BERITA TERKAIT