test

News

Selasa, 11 Januari 2022 18:43 WIB

Ini Penjelasan Polri Belum Tentukan Pola Operasi Damai Cartenz

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Jubir Humas Polri, Kombes Pol Hendra Rochmawan. (Foto: Istimewa)

PMJ NEWS -  Polri belum menentukan pola operasi dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua yang semula bernama Operasi Nemangkawi menjadi Damai Cartenz tersebut.

"Rencana operasinya sementara ini masih belum kita dapatkan dari SOP. Jika sudah ada nanti kita akan sampaikan," kata Jubir Humas Polri, Kombes Pol Hendra Rochmawan kepada wartawan, Selasa (11/1/2022).

Hendra menjelaskan pihaknya masih menyusun rangkaian pola operasi Damai Cartenz secara rinci. Termasuk dengan membahas soal personil hingga dukungan anggaran yang dikeluarkan.

"Tentu saja di dalamnya ini ada penjelasan terkait rencana operasi secara lengkap, ya menyangkut masalah personilnya, sarana prasarananya serta dukungan anggarannya. Yang paling utama sistem dan metodenya apakah ada perbedaan dengan yang dulu atau tidak," jelasnya.

Sebelumnya diketahui Polri mengganti nama Operasi pemburu kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau Nemangkawi di Papua menjadi Damai Cartenz. Hal tersebut dibenarkan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

"Iya betul menjadi Damai Cartenz. Pendekan soft approach diutamakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua," ujar Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Senin, 10 Januari 2022.

Nantinya, operasi Damai Cartenz akan berlangsung selama 6 bulan dimulai 25 Januari 2022 saat Operasi Nemangkawi berakhir.

Operasi ini nantinya akan dilakukan dengan cara bertindak persuasif dan preventif dengan kedepankan fungsi intelijen, fungsi bimas, dan fungsi humas dengan didukung fungsi lain.

 

BERITA TERKAIT