test

Politik

Senin, 30 September 2019 16:44 WIB

Jokowi Perintahkan TNI-Polri Mengejar Pelaku Kerusuhan di Wamena

Editor: Redaksi

Presiden Jokowi dalam sebuah kesempatan. (foto: IG @Kemensetneg.RI)

PMJ – Demonstrasi yang berakhir dengan kerusuhan seperti membakar rumah warga hingga gedung perkantoran pemerintah di Wamena telah menelan 33 korban jiwa. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengucapkan bela sungkawa terhadap para korban yang meninggal tersebut.

"Saya ingin mengucapkan duka yang mendalam dan belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya korban yang ada di Wamena 33 orang telah meninggal," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (30/9/2019).

Jokowi menjelaskan bahwa kerusuhan di Wamena dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). "Ini adalah kelompok kriminal bersenjata yang dari atas di gunung turun ke bawah, dan melakukan pembakaran-pembakaran rumah warga dan juga kepala suku Lembah Baliem di Wamena," tegasnya.

Jokowi telah memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Jenderal TNI (Purn) Wiranto beserta segenap jajarannya untuk mengejar para kerusuhan tersebut. "Saya sudah perintahkan ke Menkopolhukam dan TNI, Polri, untuk mengejar perusuh yang belum tertangkap," tegasnya. (BHR)

BERITA TERKAIT