test

Kesehatan

Rabu, 17 November 2021 10:05 WIB

Studi: Latihan Angkat Beban Bisa Memperpanjang Usia

Editor: Hadi Ismanto

Studi terbaru mengungkapkan bahwa latihan beban bisa membuat seseorang panjang umur. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa latihan beban bisa membuat seseorang panjang umur. Berdasarkan hasil penelitian yang melibatkan lansia berusia 65 tahun, latihan beban mengurangi risiko panyakit.

Penelitian terkait latihan beban tersebut tidak dilakukan satu atau dua tahun, melainkan selama 15 tahun sebelum para partisipan menginjak umur 65 tahun.

Bahkan, pada partisipan yang dilaporkan mengidap diabetes dan hipertensi, tetap terjadi penurunan tingkat kematian lebih cepat.

Menurut pimpinan studi, Jennifer Kraschnewski bahwa hasil tersebut menjadi bukti bahwa latihan beban membantu pelakunya tetap aktif dan mandiri di usia yang sudah lanjut.

"Latihan beban tidak hanya memerkuat otot, tapi juga untuk stamina serta kepadatan tulang," ujar Jennifer seperti dilansir dari laman Mens Health, Rabu (17/11/2021).

Sementara menurut penelitian lain menyebut aktifitas mengangkat beban akan membantu meningkatkan metaboslisme, kekuatan tulang, memperlambat penurunan fungsi otot serta segala permasalahan yang diakibatkan oleh usia.

Dikutip dari Times of India, terdapat lima jenis latihan angkat beban yang dapat dilakukan untuk membangun kekuatan, meningkatkan keseimbangan dan umur panjang yaitu :

1. Dumbbell goblet squad
2. Dumbbell lunges
3. Dumbbell row
4. Dumbbell shoulder press
5. Dumbbell romanian deadlift

BERITA TERKAIT