test

News

Rabu, 10 November 2021 16:20 WIB

Muhammadiyah: Hidupkan Nilai Kepahlawanan untuk Kemajuan Bangsa

Editor: Ferro Maulana

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir. (Foto: Twitter).

PMJ NEWS - Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November. Di Hari Pahlawan tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengimbau agar peringatan Hari Pahlawan tak hanya menjadi seremonial belaka.

Menurut Haedar, bangsa Indonesia harus benar-benar dapat menghidupkan nilai-nilai kepahlawanan untuk membangun kemajuan bangsa.

Ia pun menilai, aktualisasi nilai-nilai kepahlawanan di dalam kehidupan ini harus hidup di dalam jiwa, alam, pikiran, sikap, dan tindakan warga dan elite bangsa.

"Bangsa Indonesia tentu harus memperingati Hari Pahlawan sebagai ikhtiar untuk menyerap nilai perjuangan dari para pahlawan Indonesia,” terang Haedar, Rabu (10/11/2021).

“Sekaligus mengaktualisasikan nilai-nilai kepahlawanan itu agar hidup di dalam jiwa, alam, pikiran, sikap, dan tindakan warga dan elite bangsa. Hari Pahlawan jangan hanya dijadikan seremonial belaka," tuturnya panjang lebar.

Haedar pun memprediksi, di masa yang akan datang, bangsa Indonesia dihadapkan dengan tantangan yang lebih kompleks.

Yakni, lawan tidak datang dalam bentuk penjajahan fisik. Ancaman terbesar, justru hadir saat warga dan elit bangsa tidak lagi menjaga persatuan.

Di kesempatan yang sama, Haedar juga mengingatkan, agar di Hari Pahlawan kembali menghidupkan nilai-nilai kepahlawanan baik bagi warga maupun elite bangsa.

Antara lain, berupa, nilai pengorbanan, meletakkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan yang lain, nilai kenegarawaan dan nilai uswah hasanah atau keteladanan hidup.

BERITA TERKAIT