Politik

Rabu, 18 November 2020 16:20 WIB

Jokowi dan Ketua DPR Ucapkan Selamat Milad ke-108 untuk Muhammadiyah

Editor: Ferro Maulana

Pernyataan Presiden Joko Widodo. (Foto: PMJ News/ Instagram)

PMJ - Persyarikatan Muhammadiyah hari ini Rabu (18/11/2020) berusia ke-108 tahun. Di hari milad tersebut, Presiden Joko Widodo dan Ketua DPR Puan Maharani memberikan ucapan selamat atas sumbangsih dan jasa tak terhingga dari Muhammadiyah untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Presiden Jokowi menghadiri resepsi Milad ke-108 Muhammadiyah secara virtual. Kepala Negara mengucapkan terima kasih kepada Persyarikatan karena telah berkontribusi besar untuk kemajuan bangsa Indonesia.

"Atas nama masyarakat, bangsa, dan negara saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya semoga perjalanan Muhammadiyah semakin jaya dan berjasa dalam perjalanan bangsa," tutur Jokowi, di Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Milad ke-108 Muhammadiyah. (Foto: PMJ/ Dok Net)

Lebih jauh Jokowi menjelaskan, Muhammadiyah merupakan anugerah Allah SWT bagi bangsa Indonesia. Melalui kontribusi gerakan pencerahan Islam yang dirintis oleh KH Ahmad Dahlan, Muhammadiyah konsisten membumikan ajaran Alquran dan Hadist ke dalam kehidupan masyarakat.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, Muhammadiyah juga mengontekstualisasikan ajaran Alquran dan Hadist ke dalam sebuah tindakan nyata yang berorientasi pada kemaslahatan umat.

"Muhammadiyah merupakan anugerah Allah SWT bagi bangsa Indonesia. Melalui kontribusi gerakan pencerahan Islam yang dirintis oleh KH Ahmad Dahlan, Muhammadiyah terus berikhtiar membumikan ajaran Alquran dan hadist ke dalam kehidupan masyarakat secara kontekstual, berorientasi pada kemaslahatan masyarakat. Senantiasa beramal saleh dan berjuang untuk kesejahteraan dan perdamaian," paparnya.

"Atas nama masyarakat, bangsa, dan negara saya mengucapkan selamat Milad ke-108 kepada Persyarikatan Muhammadiyah. Usia yang telah diisi Muhammadiyah dengan banyak karya dan kontribusi," ungkap Jokowi.

Ketua DPR Bangga dengan Muhammadiyah

Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: PMJ/ DPR RI)

Terpisah, Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan rasa bangganya pada seluruh pimpinan dan kader Muhammadiyah. Puan menilai, Muhammadiyah yang genap berusia 108 tahun pada hari ini, telah banyak berjasa pada bangsa dan negara Indonesia.

 “Saya mengucapkan selamat milad ke-108 kepada segenap pimpinan dan anggota Muhammadiyah di manapun berada. Sebagai pribadi maupun sebagai Ketua DPR RI, saya merasa bangga dan bahagia bisa menjadi bagian dari organisasi Islam yang telah banyak berjasa bagi kemerdekaan dan pembangunan bangsa Indonesia,” tutur Puan dalam siaran persnya, Rabu (18/11/2020).

 Lebih jauh Puan menerangkan, kader-kader utama Muhammadiyah yang menjadi pemimpin bangsa, seperti Kiai Haji Ahmad Dahlan, Bung Karno, Jenderal Soedirman, dan lainnya, adalah salah satu bukti sumbangsih Muhammadiyah kepada Indonesia.

“Insya Allah Muhammadiyah akan terus konsisten dalam memperjuangan Islam yang berkemajuan demi kejayaan Indonesia,” ujar perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR tersebut.

Dalam memperingati milad atau hari ulang tahun ke-108, Muhammadiyah mengusung tema “Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri”.

Tema itu diangkat untuk mempertegas gerak, sikap, dan kebijakan Muhammadiyah dalam menghadapi keragaman paham, pandangan, dan orientasi keagamaan yang tumbuh dan berkembang.

Sebagaimana diketahui, pada 18 November 2020 Muhammadiyah berusia ke-108 sejak didirikan oleh KH Ahmad Dahlan pada 18 November 1912 silam.(Fer)

BERITA TERKAIT