test

Hukrim

Selasa, 9 November 2021 14:05 WIB

Densus 88 Antiteror Polri Tangkap Lima Teroris di Jawa Timur

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Tim Densus 88 Antiteror Polri. (Foto : Dok PMJ News).

PMJ NEWS - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri meringkus lima orang tersangka teroris di Jawa Timur. Kelimanya diketahui tergabung dalam kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

"Hasil pelaksanaan kegiatan penangkapan terhadap lima tersangka tindak pidana terorisme di wilayah Jawa Timur," terang Kepala Bantuan Operasi Densus 88 Polri, Kombes Pol Aswin Siregar dalam keterangan tertulis, Selasa (9/11/2021).

Lima tersangka teroris yang ditangkap masing-masing berinisial BA, AS, RH, AN dan MA yang ditangkap di beberapa lokasi di Jawa Timur. Penangkapan ini dilakukan sejak dini hari tadi.

"BA itu ditangkap di Bojonegoro, kemudian AS di Gresik sementara RH ditangkap di Kediri. Untuk AN ditangkap di Kediri dan MA di Sumenep," terang Aswin.

Aswin menjelaskan, ketiganya memiliki peranan yang berbeda dalam kelompok Jamaah Islamiyah (JI). Tersangka BA sendiri merupakan POK JI bagian koordinator daerah Bojonegoro serta merupakan orang kepercayaan Abu Fatih.

"Dia juga pernah memberikan paket berisi senjata M16 ke tersangka berinisial HP yang sudah ditangkap sebelumnya," lanjutnya.

Tersangka AS terlibat sebagai Instruktur Latihan Jasadiyah (Tactical, Survival dan Menembak PCP serta rakitan) Takwiyah Cubanrois dan Cemoro Kandang. Selain itu, ia juga merupakan Ketua Koordinator Daerah Surabaya Masa JI Darurat (Tim Lajnah).

"Sementara untuk RH alias AH ini keterlibatannya sebagai fasilitator pengamanan madlubin (pelarian) atas nama J dan IR ke Jambi, menjadi koordinator keberangkatan Justin dari Kediri ke Jambi di tahun 2020, menjabat sebagai pengasuh di LPDU (Lembaga Pemberdayaan Dana Umat) Baitul Hikmah Kediri serta terkoneksi dengan AG alias HA Jambi," tukas Aswin.

Selanjutnya AN terlibat sebagai fasilitator pengamanan madlubin atas nama Justin dan Ibnu Rois ke Jambi. Dan, menjadi pengasuh di LPBU Baitul Hikmah Kediri. Sementara untuk MA, terlibat dalam struktur organisasi JI sebagai koordinator daerah Sumenep Madura. 

Kelima tersangka teroris kini telah diamankan dan tengah dalam proses interogasi lebih lanjut terkait dengan aksi terorisme.

BERITA TERKAIT