Hukrim

Senin, 9 November 2020 14:56 WIB

Densus 88 Kembali Tangkap Satu Terduga Teroris di Lebak Banten

Editor: Hadi Ismanto

Mantan Napi Teroris (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Fif).

PMJ - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kembali menangkap seorang terduga teroris inisial AZ (45) alias Ahyar alias Epson. Dia diamankan di Jalan Sunan Bonang, Kecamatan Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak, Banten.

"Terduga teroris ditangkap atas nama AZ alias Ahyar alias Epson. Dia diamankan Minggu (8/11/2020) sekitar pukul 11.03 WIB," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono dalam keterangannya, Senin (9/11/2020).

Selain Ahyar, Awi mengungkapkan Tim Densus 88 juga membawa serta istri dan anak AZ. "Turut diamankan, karena pada saat itu sedang bersama AZ," ucapnya.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Fjr).

Pada kesempatan yang sama, Awi juga membeberkan keterlibatan AZ dalam jaringan teroris kelompok Jamaah Islamiyah (JI). "Keterlibatannya berperan sebagai ketua qoid qodimah organisasi JI," jelasnya.

Dalam Penggerebekan, kata Awi, Tim Densus 88 juga menyita sejumlah barang bukti berupa dua unit ponsel, tiga buah SIM card, SIM C, SIM A, KTP, uang tunai Rp1.500.000, serta dua lembar kertas berisi nomor handphone.

Diberitakan sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri menangkap enam terduga teroris di Lampung, Padang dan Batam. Penangkapan mereka dilakukan pada Minggu (8/11/2020).

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiono menjelaskan empat terduga teroris ditangkap di daerah Lampung. Mereka diamankan di tiga tempat berbeda, satu orang di Metro, satu di Panjang Bandar Lampung dan dua orang lainnya di Pringsewu.

"Terduga teroris berinisial SA, S, I, dan RK ditangkap di Lampung,” ujar Brigjen Awi Setiono dalam keterangannya.

Sedangkan dua terduga teroris lainnya, kata Awi, berinisial AD alias S Parewa alias Abu Singgalang ditangkap di Padang, Sumatera Barat. Sementara MA alias Abu Al Fatih diamankan di Batam, Kepulauan Riau.

"Terduga teroris di Lampung merupakan anggota kelompok Jamaah Islamiah yang tergabung dalam kelompok IMARRUDIN (Banten) di bawah pimpinan Para Wijayanto yang diduga sebagai Kosin Wilayah Lampung,” tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT