test

Kesehatan

Sabtu, 30 Oktober 2021 21:09 WIB

Lima Penyebab Sakit Punggung Atas dan Cara Mengatasinya

Editor: Hadi Ismanto

Hampir setiap orang pernah merasakan keluhan sakit punggung atas. (fOTO: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Hampir setiap orang pernah merasakan keluhan sakit punggung atas. Kondisi ini terkadang dirasakan bisa cukup berat hingga membatasi aktivitas penderitanya.

Sakit punggung atas terkadang disertai dengan rasa nyeri dan tegang di bagian tubuh lain, seperti leher, bahu, lengan, dan tulang belikat. Tak jarang juga penderitanya merasakan sakit kepala tegang dan nyeri dada saat menarik napas dalam.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (30/10/2021), berikut sejumlah penyebab seseorang mengalami sakit punggung atas antara lain:

1. Duduk Terlalu Lama
Sakit punggung atas dapat diakibatkan oleh postur tubuh yang salah saat duduk, terutama saat duduk dalam jangka waktu lama. Keluhan ini sering kali dialami orang yang duduk seharian saat bekerja, menunduk terlalu lama.

Posisi tersebut dapat menekan saraf-saraf di punggung dan membuat otot punggung kaku. Sakit pungggung atas karena posisi duduk yang kurang baik ini terkadang dapat dirasakan menjalar hingga ke lengan dan kepala.

2. Kualitas Kasur Kurang Baik
Sering tidur di atas kasur yang kualitasnya kurang baik atau permukaannya cenderung mudah berubah dapat menyebabkan nyeri punggung. Hal ini dikarenakan kasur tersebut tidak dapat menahan struktur tulang belakang dengan baik.

Selain nyeri punggung, tidur di atas kasur yang kurang berkualitas juga dapat membuat badan terasa pegal, lelah, dan kaku.

3. Kurang Olahraga
Kurang berolahraga atau jarang bergerak lama kelamaan dapat membuat otot tubuh menjadi lemah, sehingga tidak mampu menopang tubuh dengan baik. Akibatnya, tubuh akan mudah merasakan sakit punggung, baik sakit punggung atas maupun bawah.

4. Tas Ransel Terlalu Berat
Terlalu sering membawa tas punggung atau ransel yang berat akan memengaruhi bentuk tulang belakang. Seiring waktu, kebiasaan ini bisa memicu sakit punggung. Oleh sebab itu, hindari membawa tas dengan beban yang terlalu berat di punggung Anda.

Beban maksimal untuk tas punggung yang aman dibawa adalah tidak melebihi 20% dari berat badan Anda. Misalnya jika Anda memiliki berat badan 75 kg, maka berat tas ransel maksimal yang aman dibawa adalah 15 kg.

5. Tendonitis
Kondisi ini juga dikenal sebagai tendinitis. Tendonitis adalah kondisi saat jaringan ikat yang berfungsi untuk menyambungkan otot dan tulang (tendon) di dalam tubuh mengalami peradangan.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh cedera atau gerakan berulang pada punggung, misalnya sering memutar badan ke kiri dan ke kanan. Tendonitis yang menyebabkan nyeri punggung atas juga lebih berisiko terjadi pada orang yang obesitas dan jarang berolahraga.

Cara Mengatasi dan Mencegah Sakit Punggung Atas

Untuk mengurangi keluhan sakit punggung atas, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:
- Kompres dingin bagian punggung atau tengkuk untuk meredakan rasa nyeri.
- Konsumsi obat penghilang rasa nyeri, seperti paracetamol.
- Perbanyak istirahat. Usahakan untuk tidak menggunakan bantal terlalu banyak saat tidur dan hindari banyak membungkuk atau mengangkat benda yang berat.
- Mengenakan korset khusus yang dapat memperbaiki posisi dan postur tulang belakang.
- Menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal ini bisa dicapai dengan rutin berolahraga dan mengikuti pola makan sehat.
- Menjalani fisioterapi.
- Operasi tulang belakang. Langkah ini mungkin akan diperlukan jika cara-cara lain tidak berhasil mengatasi sakit punggung atas.

BERITA TERKAIT