test

Regional

Selasa, 26 Oktober 2021 10:50 WIB

Wilayah Mojokerto Diterjang Angin Kencang, 44 Rumah Rusak

Editor: Ferro Maulana

Angin kencang menerjang sejumlah rumah di Desa Jetis, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Puluhan rumah warga rusak diterjang angin kencang di Desa Jetis, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (24/10/2021) sore, pukul 16.30 WIB.

Adapun rinciannya dari 44 rumah rusak yaitu, 18 rumah rusak berat, 8 rusak sedang dan 18 rusak ringan.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari menuturkan selain rumah rusak, juga terdapat 88 KK terdampak angin kencang.

"2 orang menderita luka ringan atas kejadian ini," terang Abdul, Selasa (26/10/2021).

Masih dari penuturan Abdul, angin kencang terjadi bersamaan dengan hujan.

BPBD Kabupaten Mojokerto sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan kaji cepat sekaligus memberikan penanganan terhadap korban terdampak.

BPBD Kabupaten Mojokerto berserta tim gabungan dibantu masyarakat juga melakukan perbaikan rumah warga yang rusak.

Bantuan sudah diberikan kepada warga terdampak berupa terpal untuk menutupi celah lubang di atap rumah yang rusak.

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah Kabupaten Mojokerto masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga 27 Oktober 2021.

Sedangkan, menurut analisis InaRisk terdapat 18 kecamatan di Kabupaten Mojokerto, termasuk Kecamatan Jetis memiliki potensi bahaya cuaca ekstrim dengan tingkat risiko sedang hingga tinggi.

BNPB mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap ancaman bencana pada saat peralihan musim (pancaroba).

"Bagi para pemerintah daerah setempat maupun pemangku kebijakan diimbau untuk bisa melakukan pembersihan maupun pemotongan ranting pohon yang sudah rimbun terutama yang berada pada jalan arteri," pungkas Abdul.

BERITA TERKAIT