test

News

Senin, 26 Oktober 2020 15:58 WIB

Gempa 5,6 SR Merusak 65 Rumah di Wilayah Ciamis

Editor: Ferro Maulana

Terjadi gempa bumi. di Sukabumi (Foto: Ilustrasi/ PMJ/ Fif)

PMJ - Gempa dengan kekuatan 5,6 skala ritcher terjadi di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa (atau tepatnya berlokasi di laut) pada jarak 88 km arah barat daya Kabupaten Pangandaran. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (25/10/2020) kemarin dan merusak 65 bangunan di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kemudian, kerusakan bangunan pun terjadi di beberapa wilayah Priangan Timur lainnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melaporkan, jumlah kerusakan bangunan akibat gempa berjumlah 65 unit rumah.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Memet Hikmat, jumlah kerusakan bangunan itu tersebar di 10 kecamatan.

"10 kecamatan yang terdampak gempa itu yaitu Lakbok, Banjarsari, Purwadadi, Pamarican, Ciamis, Tambaksari, Sadananya, Cimaragas, Banjaranyar, dan Baregbeg. Wilayah kecamatan yang paling parah yakni Pamarican dan Purwadari," jelasnya, Senin (26/10/2020).

Menurut pendataan yang dilakukan pihaknya, di Kecamatan Pamarican setidaknya 38 unit rumah rusak, sementara di Purwadadi 12 unit rumah.

"Secara umum, kerusakan yang terjadi dalam kategori ringan hingga sedang. Namun terdapat beberapa rumah yang rusak berat," sambungnya.

Salah satu rumah yang mengalami rusak berat ada di Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis. Rumah itu sekarang sudah dibongkar oleh warga karena tidak bisa lagi ditempati. Pemilik rumah pun kini telah mengungsi ke rumah saudaranya.(BPBD/Fer)

BERITA TERKAIT