test

News

Jumat, 5 Juni 2020 11:08 WIB

Maluku Utara Diguncang Gempa, Ratusan Rumah Rusak dan Warga Trauma

Editor: Fitriawan Ginting

Gempa mengguncang wilayah Barat Daya Bogor (Foto: PMJ News/Ilustrasi/FIF)

PMJ- Maluku Utara diguncang gempa magnitude 6,8 pada Kamis (4/6/2020) kemarin. Gempa tersebut merusak beberapa rumah yang ada di 6 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Morotai, yakni Kecamatan Morotai Selatan, Morotai Timur, Morotai Utara, Morotai Jaya, Morotai Selatan Barat dan Pulau Rao.

Dari data Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan total rumah rusak berjumlah 128 unit, dengan rincian 99 unit rumah rusak ringan (RR), 18 unit rumah rusak sedang (RS) dan 11 unit rumah rusak berat (RB).

Beruntung, dari catatan BPBD Kabupaten Kepulauan Morotai, tidak ada korban jiwa dari gempa yang terjadi itu. Warga tetap dievakuasi dari lokasi rawan gempa untuk mengantisipasi hal terburuk. Warga juga masih mengalami trauma.

Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Kepulauan Morotai dan instansi terkait melakukan penanganan darurat, seperti memastikan pertolongan korban dan pendataan kerusakan. Saat ini masih terus dilakukan pendataan di lapangan.

BMKG mengkoreksi parameter gempa yang sebelumnya berkekuatan Magnitudo 7,1 menjadi Magnitudo 6,8. Gempa bumi yang terjadi pada kedalaman 111 km berada pada 99 km arah utara Kota Daruba, Pulau Morotai, Maluku Utara. Guncangan gempa tersebut dirasakan sedang oleh warga Kota Ternate selama 2-3 detik di Kota Ternate, sedangkan mereka di Kabupaten Halmahera Barat lemah selama 2-3 detik. (Gtg-03).

BERITA TERKAIT