test

News

Jumat, 8 Oktober 2021 12:35 WIB

Tinjau Mangrove di Bali, Jokowi: Akan Kita Perlihatkan Pada Pemimpin G20

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Bali. (Foto: PMJ News/YouTube Sekretariat Presiden).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Bali dalam rangka kunjungan kerja. Bersama rombongan, Kepala Negara yang didampingi Ibu Negara, Ibu Iriana Joko Widodo lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada pukul 07.45 WIB, Jumat (8/10/2021).

Dikutip dalam keterangan pers, setibanya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Presiden Jokowi langsung menuju Taman Hutan Raya Ngurah Rai untuk meninjau pelaksanaan penanaman mangrove.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi berharap rehabilitasi mangrove bisa menjadi contoh oleh daerah-daerah lain.

"Baru saja tadi saya meninjau mangrove forest di Provinsi Bali ini yang ini telah dibangun sejak 2003 dan merupakan tempat percontohan rehabilitasi ekosistem hutan mangrove di negara kita yang memadukan untuk pendidikan, untuk edukasi, untuk pariwisata dan juga untuk penguatan ekonomi masyarakat," kata Jokowi dalam video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (8/10/2021).

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana berjalan meniti jempatan kayu di hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali. (Foto: PMJ News/Instagram @jokowi)
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana berjalan meniti jempatan kayu di hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali. (Foto: PMJ News/Instagram @jokowi)

Jokowi mengatakan rehabilitasi mangrove ini dilakukan untuk mengantisipasi perubahan iklim dunia. Selain itu, lanjutnya, penanaman mangrove juga dapat melindungi pantai dari abrasi.

"Modal rehabilitasi mangrove seperti inilah yang ingin kita replikasi, kita copy untuk program rehabilitasi mangrove di provinsi-provinsi lain yang ini akan terus kita lakukan di kawasan-kawasan pesisir untuk memulihkan, untuk melestarikan kawasan hutan mangrove kita dan juga untuk mengantisipasi dan memitigasi dari perubahan iklim dunia yang terus dan akan terjadi," ujar Jokowi.

"Melalui penanaman mangrove ini kita harapkan bisa mengurangi energi gelombang, bisa melindungi pantai dari abrasi, juga bisa menghambat intrusi air dan memperbaiki kualitas lingkungan baik di lingkungan pesisir maupun habitat di daerah pantai," sambungnya.

Jokowi juga berharap hal ini berdampak terhadap aktivitas ekonomi masyarakat. Di samping itu, Jokowi akan memperlihatkan hutan mangrove tersebut ke pemimpin-pemimpin G20.

"Kita harapkan nanti ada peningkatan dari baik produksi ikan maupun hasil laut lainnya utamanya kepiting yang cocok untuk mangrove ini dan yang paling akhir bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan ini juga nanti mungkin akan menjadi salah satu venue yang akan kita perlihatkan kepada pemimpin-pemimpin G20 tahun depan," papar Jokowi.

Usai meninjau penanaman mangrove, Jokowi akan meninjau sejumlah lokasi yang akan digunakan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Pada tahun 2022 mendatang, Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah pertemuan akbar tersebut.

BERITA TERKAIT