test

Politik

Senin, 7 Oktober 2019 15:17 WIB

Bertemu PM Belanda, Jokowi Keluhkan Diskriminasi Sawit oleh Uni Eropa

Editor: Redaksi

Presiden Jokowi dalam sebuah kesempatan. (Foto: Dok Net)

PMJ – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (7/10/2019). Kedua kepala pemerintahan menggelar pertemuan bilateral dengan jajaran menteri dan perwakilan pengusaha Indonesia seperti Pengurusa Kadin Indonesia Carmelita Hartoto dan Presdir PT Freeport Indonesia Tony Wenas.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi kembali mempertegas komitmen Indonesia dalam melawan diskriminasi kelapa sawit yang dilakukan Uni Eropa. "Di bidang perdagangan kita sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan yang terbuka dan fair," kata Jokowi dalam joint statement di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10/2019).

"Dalam konteks ini saya sampaikan kembali konsen Indonesia untuk kebijakan Uni Eropa terhadap kelapa sawit," sambungnya.

Jokowi menegaskan, Belanda merupakan mitra penting Indonesia di kawasan Eropa dalam bidang perdagangan, investasi, maupun pariwisata. "Dan di antara negara negara Eropa, Belanda merupakan mitra perdagangan nomor dua terbesar, dan mitra investasi nomor satu, dan mendatangkan wisatawan nomor empat terbesar," ungkap Jokowi. (BHR)

BERITA TERKAIT