test

News

Senin, 13 September 2021 13:50 WIB

Tahun Depan Masyarakat Akan Dapat Vaksin Booster Gratis dan Berbayar

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Seorang warga tengah mendapatkan vaksinasi Covid-19. (Foto: PMJ News/Yeni).

PMJ NEWS - Vaksin booster yang baru tersedia untuk tenaga kesehatan masih menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat. Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan masyarakat umum bisa mendapatkan suntikan vaksin booster, namun tidak semua vaksin booster didapat secara gratis.

"Rencananya untuk tahun depan, negara akan membiayai anggota PBI (penerima bantuan iuran) untuk mendapat satu kali suntikan vaksin booster. Anak-anak yang memasuki usia 12 tahun juga akan menerima dua kali dosis dan dibayari negara," kata Budi dalam rapat bersama Komisi IX DPR RI, Senin (13/9/2021).

Kemudian, untuk masyarakat yang masuk dalam kategori PBPU III (Pekerja Bukan Penerima Upah Kelas III) biaya vaksinnya akan dibebankan ke Pemerintah Daerah.

Sedangkan untuk 93,7 juta jiwa lainnya akan masuk dalam kategori membeli vaksin booster secara mandiri.

"Masyarakat dapat membeli jenis vaksin seperti membeli obat di apotek. Nanti akan kita buka pasarnya sehingga masyarakat dapat membeli vaksin booster," terangnya.

Adapun dalam hal ini, vaksin booster mandiri dibuka dengan sistem business to business serta berbayar. Jenis vaksin booster yang tersedia akan disesuaikan dengan jenis vaksin yang telah menerima emergency use authorization (EUA) melalui BPOM dan WHO.

BERITA TERKAIT