test

Kesehatan

Selasa, 31 Maret 2020 09:03 WIB

Cegah Penularan Corona, 3 Vitamin Ini Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Di musing penghujan, tubuh mememrlukan asupan vitamin. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi)

PMJ - Penyebaran virus COVID-19 saat ini kian masif dan belum menunjukan tanda-tanda mereda. Daya tahan tubuh atau sistem imunitas yang baik dipercaya dapat menjaga seseorang terjangkit virus ini.

Imunitas tubuh adalah sistem pertahanan tubuh untuk melawan virus yang menyerang. Untuk mendapatkan sistem imunitas tubuh cukup mudah. Anda disarankan berolahraga rutin dan mencukupi asupan gizi dengan makan makanan yang sehat.

Sebaiknya mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan zinc. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (31/3/2020), berikut penjelasan manfaatnya.

1. Vitamin A

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, brokoli, bayam, hingga ubi jalar mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selama ini vitamin A dikenal berfungsi sebagai kesehatan mata. Kekurangan vitamin A akan menjadikan seseorang kurang mampu melawan infeksi.

Vitamin A yang terkandung di dalam makanan terbagi dua bentuk, yaitu retinoid yang ditemukan pada makanan hewani, dan karotenoid yang ditemukan pada makanan nabati.

2. Vitamin E

Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang mampu membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan melawan infeksi penyakit. Selain itu, vitamin E mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Anda dapat mengonsumsi bayam, brokoli, dan kacang-kacangan untuk mendapatkan manfaat vitamin E.

3. Vitamin C

Vitamin C dipercaya sebagai vitamin yang ampuh meningkatkan imunitas tubuh. Mengonsumsi vitamin C mampu melawan berbagai virus, termasuk virus corona.

Sistem imun memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan. Vitamin C membantu produksi sel darah putih (limfosit) dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh dari radikal bebas. Sel darah putih mampu mencegah infeksi bakteri dan virus. Anda bisa mengonsumsi makanan seperti pepaya, stroberi, jeruk, tomat, hingga kiwi untuk mendapatkan manfaat vitamin C.(Hdi)

BERITA TERKAIT