test

Politik

Jumat, 19 Juni 2020 15:38 WIB

Presiden Jokowi Paparkan Kondisi Terkini Soal Covid-19 kepada Purnawirawan TNI-Polri

Editor: Ferro Maulana

Presiden Joko Widodo dalam sebuah kesempatan. (Foto: Dok Net).

PMJ - Presiden RI Joko Widodo menerima kedatangan para purnawirawan TNI dan Polri di Istana Kepresidenan Bogor. Ia memaparkan kondisi saat ini berkenaan penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

Menurut Presiden Jokowi, pandemic Covid-19 sudah memberikan dampak signifikan kepada 215 negara di dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah pun telah berusaha maksimal dalam menyelesaikan berbagai dampak yang disebabkan wabah corona itu.

"Sekarang memang misalnya kayak Amerika yang positif sudah di atas 2 juta, kemudian yang meninggal sudah lebih dari 120 ribu di Amerika. Kemudian Brazil sudah hampir 800 ribu yang terkena, Inggris, kemudian Rusia yang di atas 500 ribu sudah termasuk India," terang Jokowi, Jumat (19/06/2020).

"Alhamdulillah kita penduduk kita banyak, tapi angka terakhir kemarin data kita berada pada posisi 40 ribu lebih sedikit yang positif. Tetapi juga Alhamdulillah 16 ribu lebih juga yang sudah bisa disembuhkan," tuturnya.

Lanjut Jokowi, pandemi Covid-19 juga berdampak pada urusan sosial dan ekonomi. Kondisi ekonomi di semua negara pada kuartal kedua tahun 2020 ini akan sangat berat. Pertumbuhan ekonomi pun diprediksi akan menurun hingga negatif.

"Saya harus berbicara apa adanya. Di kuartal kedua ini kita akan minus mungkin sampai minus 3 sampai 3,8 persen. Perkiraan kami seperti itu," sambungnya.

Masih dari pernyataannya, kinerja ekonomi yang terdampak pandemi itu tidak hanya dialami oleh Indonesia. Menurut data yang diterima dari Bank Dunia, Dana Moneter Internasional (IMF) dan Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD), pertumbuhan ekonomi berbagai negara di dunia pun bakal turun.

Dalam pertemuan dengan para purnawirawan TNI dan Polri tersebut, Jokowi didampingi oleh Menkopolhukam Mahfud Md., Mensesneg Pratikno, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Adapun purnawirawan yang hadir antara lain, Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Ketua Umum Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Saiful Sulun, Wakil Ketua Umum LVRI Bantu Hardjijo, Sekretaris Jenderal LVRI FX Soejitno, Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Udara Djoko Suyanto, dan Sekretaris Jenderal Forum Komunikasi Purnawirawan TNI-Polri Soekarno.

Kemudian, juga hadir Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat Kiki Syahnakri, Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat Toni Hartono, Forum Komunikasi Purnawirawan TNI-Polri Bambang Darmono, Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Laut Ade Supandi, dan Ketua Persatuan Purnawirawan Polri Bambang Hendarso Danoeri. (FER).

BERITA TERKAIT