test

Kesehatan

Rabu, 18 Agustus 2021 10:05 WIB

Sering Disepelekan, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Berolahraga dan minum air putih bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Sejumlah kebiasaan tanpa Anda sadari bisa mengganggu dan merusak kesehatan. Mungkin awalnya hal tersebut dianggap sepele, tapi sebenarnya itu bisa memberikan dampak buruk dalam jangka pendek ataupun panjang.

Seperti dilansir dari laman Eat This Not That, Rabu (18/8/2021), berikut beberapa kebiasaan yang tanpa Anda sadari dapat merusak tubuh secara perlahan.

1. Kejang Punggung
Profesor bedah ortopedi dan direktur trauma tulang belakang di Cedars-Sinai Spine Center, Neel Anand, MD, menjelaskan adanya pandemi ini membuat banyak orang lebih banyak menonton TV lewat gawai.

"Akibatnya, ini memengaruhi kesehatan tulang belakang Anda. Saya melihat semakin banyak pasien dengan kejang punggung dan sakit leher," ujarnya.

2. Salah Duduk
Dr Anand mengatakan, duduk tegak terlalu lama tanpa istirahat juga bisa menyebabkan ketegangan.

Jika Anda bekerja di lingkungan kantor, pastikan kursi Anda berada pada ketinggian di mana lutut Anda berada pada sudut 90 derajat, kaki Anda dapat bersandar rata di lantai, dan Anda memiliki penyangga punggung bawah yang tepat.

3. Mengonsumsi Terlalu Banyak OTC
Ahli saraf olahraga, spesialis manajemen nyeri, dan direktur pendiri Center for Sports Neurology and Pain Medicine, Vernon Williams, MD, mengatakan banyak orang telah berjuang melawan semacam sakit punggung, sakit kepala, atau nyeri lutut dalam hidup.

Kebanyakan dari mereka hanya menggunakan beberapa obat pereda nyeri yang dijual bebas (OTC) untuk meredakan ketidaknyamanan yang dirasakan. Mereka mengambil OTC lebih banyak dari dosis seharusnya

4. Olahraga yang Salah
"Salah satu latihan fisik paling umum (tapi masih berbahaya) yang saya lihat dilakukan di gym adalah dumbbell chest fly. Aspek berbahaya dari dumbbell chest fly yang terjadi pada banyak orang adalah menambah beban terlalu banyak selama latihan," kata Joshua Lafond, pendiri dan editor di HealthyGymHabits.

Bentuk latihan yang tidak tepat dapat merusak sendi bahu seseorang. Sendi di bahu merupakan salah satu sendi paling sensitif di tubuh.

5. Kurang Minum Air Putih
Dr Tripathy mengatakan, Anda harus minum setidaknya delapan sampai 10 gelas air sehari.

"Tidak melakukannya akan membuat Anda dehidrasi, yang dapat menyebabkan perubahan pipi, kulit dan mulut kering, sakit kepala, dan tekanan darah rendah. Ini juga bisa berakibat fatal dalam kasus-kasus ekstrem," tutur Tripahy.

BERITA TERKAIT