test

News

Senin, 9 Agustus 2021 09:07 WIB

Arab Saudi Mulai Buka Ibadah Umrah, Indonesia Belum Dapat Kuota

Editor: Hadi Ismanto

Ibadah Haji atau Umrah. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Pemerintah Arab Saudi mulai membuka ibadah umrah bagi jamaah luar negeri mulai Senin (9/8/2021). Namun dalam tahap ini, Indonesia belum mendapatkan kuota.

Seperti dilansir laman Saudi Press Agency (SPA), Senin (9/8/2021), umroh dibuka lagi mulai hari ini. Jumlah jemaah umroh akan dibatasi maksimal 2 juta orang setiap bulannya.

Seorang pejabat di Kementerian Haji dan Umrah mengatakan, jemaah domestik dan luar negeri harus menyertakan sertifikat vaksinasi Covid-19 resmi bersama dengan permintaan umroh mereka.

"Jemaah wajib sudah divaksinasi, termasuk dari negara Arab Saudi. Dilanjutkan proses karantina pada saat kedatangan," ungkap pernyataan tersebut.

Sementara Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Eko Hartono mengatakan salah satunya persoalan yang menjadi pertimbangan Arab Saudi adalah vaksin yang digunakan Indonesia.

"Sampai sekarang hanya empat jenis vaksin yang diakui yakni Pfizer, Moderna, Johnsons, dan AstraZenecca. Sementara kebanyakan di kita pakai Sinovac dan Sinopharm," jelas Eko saat dikonfirmasi, Minggu (8/8/2021).

Eko memastikan pihaknya masih terus melakukan pendekatan dan berupaya agar vaksin Sinovac dan Sinopharm disetujui oleh pemerintah Arab Saudi sebagai syarat vaksin.

"(Arab) Saudi sudah setujui Sinovac dan Sinopharm, tapi kami masih akan cek lagi," ucapnya.

BERITA TERKAIT