test

News

Jumat, 23 April 2021 20:03 WIB

Wapres Minta Menag Lobi Arab Saudi Izinkan Vaksin Sinovac Jadi Syarat Umrah

Editor: Hadi Ismanto

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto: PMJ News/Instagram @kyai_marufamin).

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin untuk melobi Pemerintah China terkait dengan sertifikasi vaksin Sinovac dari lembaga kesehatan dunia (WHO).

Selain itu, Wapres juga menginstruksikan kepada Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas juga melobi Pemerintah Arab Saudi untuk memberikan izin vaksin Sinovac sebagai syarat perjalanan umrah.

Hal ini dilakukan sejalan dengan kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang mengizinkan ibadah umrah dengan syarat calon jemaah telah mendapatkan vaksin yang disertifikasi WHO.

"Wakil Presiden telah meminta Menkes dan Menag untuk melakukan lobi ke pemerintah Arab Saudi serta China terkait dengan persoalan vaksin Sinovac,” ungkap Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi dalam keterangannya, Jumat (23/4/2021).

"Yang diminta Wapres juga termasuk dengan bagaimana Pemerintah Indonesia mendorong China untuk secepatnya memproses agar WHO memberikan sertifikasi vaksin Sinovac,” sambungnya.

Masduki menerangkan, semua permintaan Ma’ruf ini bertujuan agar masyarakat Indonesia yang sudah mendapatkan vaksin dapat menjalankan ibadah umrah tanpa adanya hambatan atau kendala.

BERITA TERKAIT