test

News

Jumat, 23 Juli 2021 17:35 WIB

Kabareskrim Polri Jamin Stok Obat Penanganan Covid-19 Aman

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Pol Agus Andrianto. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto memastikan stok obat untuk penanganan Covid-19 di seluruh wilayah di Indonesia masih aman.

"Sampai sekarang masih terkendali, terlebih pemerintah melalui teman-teman TNI juga turut menyalurkan target 3 juta obat Covid-19 gratis dari pemerintah," ujar Agus dalam keterangannya, Jumat (23/7/2021).

Agus juga menegaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa instansi agar obat produksi dalam negeri terus didukung guna mencegah kelangkaan obat. Lantaran, kini obat merupakan kebutuhan kesehatan pokok.

Khusus untuk obat dari produk impor, Agus menyebut para importir harus mengajukan proses importasi serta rekomendasi kepada pihak yang berkompeten.

"Kami mohon atensinya dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai agar dapat mempercepat prosesnya. Kami juga kini mengantisipasi mereka yang membawa tentengan (obat impor)," sambungnya.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan Polri terus mengawasi dan menindak pihak-pihak yang menjual obat penanganan Covid-19 dengan tarif diatas harga eceran tertinggi (HET).

"Mungkin yang membutuhkan banyak, sehingga harga naik. Menurut saya, (tindakan) ini melibatkan banyak pihak termasuk jaringan rumah sakit atau oknum tenaga kesehatan. Maka dari itu, kami terus melakukan pengawasan, penyelidikan, hingga penindakan bagi pihak yang menjual dengan harga diatas HET," pungkasnya.

BERITA TERKAIT