test

News

Kamis, 22 Juli 2021 10:20 WIB

Testing dan Tracing Covid-19 Akan Ditingkatkan Selama Perpanjangan PPKM

Editor: Hadi Ismanto

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Menko

PMJ NEWS - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pemerintah saat ini tengah menyusun sistem peningkatan testing dan tracing di masa PPKM Darurat.

Menurut Luhut, sistem tersebut tidak hanya mekanismenya saja. Namun sembako yang disiapkan bagi keluarga yang anggota keluarganya harus diisolasi akan diberikan oleh pemerintah.

"Apabila ditemukan kasus setelah dilakukan testing, lalu dibawa ke isolasi kemudian pengobatan dijamin pemerintah dan keluarga diberikan sembako atau bantuan sosial dari pemerintah," ungkap Luhut dalam konferensi virtual, Rabu (21/7/2021) malam.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat peningkatan testing dan tracing akan dilakukan secara masif. Jika perpanjangan PPKM berjalan baik, maka pelonggaran akan dilakukan pada 26 Juli 2021.

Sebelumnya, Luhut memastikan peningkatan testing dan tracing akan dilakukan di wilayah padat penduduk. Khususnya di wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, dan lainnya.

Sudah empat hari terakhir, angka kasus harian di bawah 50 ribu kasus per hari. Berturut-turut pada Jumat (16/7), penambahan kasus positif mulai mengalami penurunan menjadi sebesar 54 ribu dan pada Sabtu (17/7) kembali menurun menjadi 51.952 kasus.

Kemudian pada Ahad (18/7), Satgas melaporkan penambahan kasus positif yang juga menurun menjadi 44.721 orang. Bahkan pada Selasa (20/7) dilaporkan 'hanya' 38.325 kasus baru diumumkan satgas.

BERITA TERKAIT