News

Jumat, 9 Juli 2021 16:05 WIB

Indonesia Beli 10.000 Unit Oksigen Konsentrator, 30 Alat Tiba Hari Ini

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Koordinatir Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: PMJ/Kemenko Maritim).

PMJ NEWS - Sebanyak 30 unit oksigen konsentrator tiba di Indonesia pada hari ini, Jumat (9/7/2021). Jumlah tersebut merupakan bagian dari 10.000 oksigen konsentrator yang dibeli pemerintah Indonesia dari Singapura.

"Jadi 30 unit oksigen konsentrator yang merupakan bagian dari 10 ribu unit yang dikirim dari Singapura melalui penerbangan, sisanya dikirim via laut bersama dengan tabung silinder yang diisi oksigen," ungkap Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangannya.

Sebagai informasi, oksigen konsentrator adalah alat yang berfungsi memproses oksigen dengan cara mengambil udara di ruangan sekitar.

Selain oksigen konsentrator, Luhut menyampaikan pemerintah juga akan membeli tujuh unit oksigen generator dan 36 ribu ton oksigen yang akan datang dalam 30 hari ke depan.

Bersamaan dengan kedatangan 30 oksigen konsentrator tersebut, lanjut Luhut, ada juga bantuan alat kesehatan dari Pemerintah Singapura untuk Kementerian Luar Negeri (dengan sistem G to G).

Bantuan berupa 200 ventilator dan 256 silinder oksigen kosong 40 L serta bantuan Kementerian Pertahanan Singapura untuk Kementerian Pertahanan berupa alat-alat pelindung Kesehatan yakni 756 oksigen silinder, 600 oksigen konsentrator.

Pemerintah Singapura juga akan memberikan alat-alat pelindung kesehatan, yakni 220 ventilator dan perlengkapan APD termasuk masker bedah, masker N95, dan kelengkapan alat bedah/APD.

BERITA TERKAIT