test

News

Selasa, 6 Juli 2021 14:35 WIB

Pemerintah Siapkan Skenario Penanganan Covid-19 Bila Capai 40 Ribu Sehari

Editor: Hadi Ismanto

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Dalam sepekan belakangan, angka kasus baru Covid-19 di Indonesia tengah mengalami lonjakan signifikan. Rekor penambahan kasus harian untuk pasien terkonfirmasi positif mencapai 29 ribu.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memprediksi angka kasus baru tersebut bisa saja melonjak hingga 40 ribu per hari.

"Angka (kasus Covid-19) bisa terus naik, seperti kemarin 29 ribu, bisa saja kita sampai 40 ribu atau lebih. Kita siapkan skenario untuk menghadapi itu, semua sudah dilakukan," jelas Luhut saat konferensi pers secara virtual, Selasa (6/7/2021).

Luhut mengatakan, pemerintah sudah menyusun skenario untuk mengantisipasi penambahan kasus harian mencapai 40 ribu dengan menghitung kebutuhan oksigen, rumah sakit, dan obat-obatan yang diperlukan.

Pemerintah, lanjut dia, juga membuka komunikasi dengan Singapura dan Cina untuk membantu kebutuhan medis penanganan Covid-19. Salah satunya kebutuhan oksigen, apabila stok dalam negeri menipis.

Khusus kebutuhan oksigen, Luhut menyebut pemerintah telah membuat rencana bila peningkatan kasus Covid-19 harian menyentuh 50 ribu hingga 70 ribu kasus.

"Oksigen kami hitung buat skenario tim sampai 50 ribu, paling jelek 60-70 ribu kasus. Tapi kita tidak harap itu terjadi," pungkasnya.

BERITA TERKAIT