test

Kesehatan

Senin, 21 Juni 2021 12:20 WIB

dr Reisa: Manfaat Vaksin Semakin Terbukti Melindungi Diri

Editor: Fitriawan Ginting

dr Reisa Broto Asmoro. (Foto:PMJ News/Biro Pers Sekretariat Presiden)

PMJ NEWS - Kabar baik datang dari tenaga kesehatan (Nakes) di Kudus, Jawa Tengah. Setelah sempat terpapar Covid-19, kini 90 nakes yang menjalani isolasi mandiri sudah sehat dan aktif kembali untuk melayani masyarakat luas.

"Tentu ini berita yang menggembirakan karena laporan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus 12 Juni 2021 lalu ada 308 nakes terkonfirmasi positif Covid-19," ungkap Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr Reisa Kartikasari Broto Asmoro.

Reisa mengatakan, Dinas Kesehatan Kudus menyatakan hampir 100 persen nakes di Kudus yang berjumlah sekitar 6.000 orang telah menerima dosis lengkap vaksinasi Covid-19.

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Loekmono Hadi juga menyampaikan bahwa sekitar 150 nakes yang terkonfirmasi kasus positif Covid-19 di rumah sakit tersebut hanya sebagian kecil yang dirawat inap sisanya melakukan isolasi mandiri.

"Dan menurut direktur RS tersebut kini hampir setengah dari mereka sudah dinyatakan sembuh," jelasnya.

Reisa kembali menegaskan, vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan efektif mengurangi gejala kesakitan dan risiko kematian. Hingga kemarin nakes dan tenaga penunjang kesehatan di Kudus yang telah divaksinasi dosis pertama mencapai 6.085 orang dan yang telah mendapatkan dosis kedua sebanyak 5.888 orang.

Dikatakan Reisa, Kemenkes telah mengalokasikan 50 ribu dosis vaksin Covid-19 guna mempercepat cakupan vaksinasi di kabupaten tersebut. "Manfaat vaksin semakin terbukti melindungi kita," tandasnya.

BERITA TERKAIT