test

Kesehatan

Kamis, 10 Juni 2021 10:05 WIB

Hindari, Ini Lima Kebiasaan Buruk yang Bikin Cepat Tua

Editor: Hadi Ismanto

Kebiasaan buruk dapat menyebabkan penuaan dini. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Kebanyakan orang ingin memiliki penampilan yang awet muda. Namun, seiring bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin pada kulit manusia pasti melemah.

Sebuah studi terbaru mengungkap batas usia manusia dapat hidup diperkirakan antara 120 dan 150 tahun. Namun, para ahli menyebutkan banyak orang yang mengembangkan kebiasaan buruk selama pandemi, yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/6/2021), berikut adalah lima pola sehari-hari yang membuat Anda lebih cepat terlihat menua.

1. Makan Terlalu Banyak Gula
Makanan manis tidak hanya dapat menambah berat badan, tapi juga dapat membuat wajah Anda menua.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Dermatology, gula yang dikonsumsi mengikat dan merusak kolagen dan elastin, senyawa yang menjaga kulit kita tetap kuat dan awet muda dan mencegah tubuh memperbaikinya.

"Makan banyak buah dan sayuran segar dapat membantu mencegah kerusakan yang menyebabkan penuaan kulit dini," kata American Academy of Dermatology.

2. Kurang Tidur
Tidur adalah waktu ketika tubuh Anda menjalani perawatan yang diperlukan, dan memperbaiki segala sesuatu mulai dari otak hingga kulit Anda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Clinical and Experimental Dermatology, wanita yang melaporkan kualitas tidur yang baik mengalami pemulihan skin barrier 30 persen lebih baik daripada mereka yang kurang tidur.

Tidur yang cukup tampaknya menurunkan risiko beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan demensia. Para ahli termasuk National Sleep Foundation merekomendasikan tujuh hingga sembilan jam setiap malam untuk disebut tidur berkualitas.

3. Sering Stres
Stres bisa dibilang menjadi penyakit mental yang wajar dan kerap terjadi. Meski begitu kamu tetap perlu mengelola stres dengan baik agar hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh bisa terkendali.

Pasalnya jika hormon kortisol ini menumpuk akan bisa mempercepat proses penuaan kulit dan mendorong munculnya garis halus serta bikin kulit kusam.

Untuk mengendalikan stres kamu bisa melakukan berbagai kegiatan positif seperti berolahraga, banyak bersyukur, me time, jalan-jalan dan berbagai kegiatan positif lainnya.

4. Kurang Olahraga
Untuk menjaga jantung, otak, dan kekebalan Anda dalam kondisi prima dan untuk mencegah penuaan kulit dini, berolahragalah hampir setiap hari dalam seminggu.

"Olahraga ringan dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini, pada gilirannya, dapat membuat kulit tampak lebih muda." kata American Academy of Dermatology.

The American Heart Association merekomendasikan 30 menit olahraga sedang seperti jalan cepat per hari untuk mencegah penyakit jantung. Bonus: Anda mungkin terlihat lebih muda saat melakukannya.

5. Merokok
Rokok adalah ratusan racun dalam asap yang menyebabkan pembuluh darah menyempit, mencegah oksigen dan nutrisi mencapai kulit. Merokok sangat mempercepat seberapa cepat kulit menua.

Rokok menyebabkan kerutan dan kulit kusam dan pucat. Pada saat yang sama, racun tersebut merusak pembuluh darah, jantung, paru-paru, hati, dan ginjal.

Menurut sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa perokok memiliki kerutan tiga kali lipat dibandingkan bukan perokok. Jadi, berhentilah merokok.

BERITA TERKAIT