test

Regional

Minggu, 30 Mei 2021 09:04 WIB

Tanah Longsor Terjang Lebak Banten, Jalan Cipanas - Warungbanten Terputus

Editor: Ferro Maulana

Musibah tanah longsor di wilayah Lebak Banten. (Foto: Dok Net/ Istimewa)

PMJ NEWS -  Musibah tanah longsong menimpa kawasan Kampung Citagogag, Desa Banjarsari, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Sabtu (29/5/2021) kemarin.

Atas musibah tersebut, ruas jalan provinsi dari arah Cipanas - Warungbanten terputus.

Adapun akses jalan menuju kawasan wisata Negeri di Atas Awan ini tidak bisa dilalui oleh kendaraan. Terutama dari arah Kecamatan Cipanas, karena tertimbun material tanah dan batu.

Longsor disebabkan curah hujan yang tinggi, pada Sabtu (29/5/2021) sore, sekitar pukul 16.00 WIB.Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Untuk diketahui, ruas Jalan Cipanas - Warungbanten adalah jalan yang rawan longsor. Setiap musim penghujan, kerap terjadi longsor menutupi jalan yang kondisinya berkelok dan naik turun.

"Tanah longsor menutup ruas jalan Cipanas - Warungbanten sehingga tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat," terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Febby Rizky Pratama.

Feby melanjutkan, BPBD Kabupaten Lebak sudah berkoordinasi dengan BPBD Provinsi dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten untuk mengatasi masalah longsor tersebut.

"Hari ini Minggu (30/5/2021) direncanakan alat berat diturunkan untuk membuka longsoran tersebut. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," ungkapnya.

Agar dapat melintas, para pengguna kendaraan harus menuju Jalan Muncang. Jalan ini menjadi akses satu-satunya karena memang tidak ada jalan alternatif.

BERITA TERKAIT