test

Kesehatan

Sabtu, 29 Mei 2021 11:04 WIB

Waspada, Hasil Swab Negatif Tak Jamin Kebal Virus Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Pasien tengah menjalani swab test. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi).

PMJ NEWS - Selama masa pandemi Covid-19, hasil tes swab menjadi hal penting. Namun, hasil tes negatif tidak menjamin seseorang kebal terhadap Covid-19. Kemungkinan seseorang terpapar Covid-19 masih sangat besar, terlebih jika abai menerapkan protokol kesehatan.

Merangkum dari laman Instagram resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), @kemenkes_ri, Jumat (28/5/2021), berikut lima fakta yang terjadi walaupun hasil swab seseorang dinyatakan negatif.

1. Anda tidak aman, tidak kebal, ketika berkerumun masih bisa tertular dari orang lain.

2. Karena hasil tes negatif hanya menyatakan bahwa sampai hasil tes itu seseorang belum tertular virus corona, bukan berarti kebal terhadap Covid-19.

3. Bisa saja selama di perjalanan, atau hari-hari berikutnya seseorang positif tertular dari orang lain.

4. Test swab antigen atau PCR bukan mengukur kekebalan seseorang, tetapi untuk mendetekasi apakah seseorang sudah tertular virus corona dan kemampuan tes tersebut sangat bervariasi sekira 80-95 persen.

5. Artinya dari 100 orang yang negatif, kemungkinan 5-20 orang sebenarnya positif, tetapi tidak terdeteksi oleh tes tersebut sehingga selama di perjalanan 5-20 orang tersebut tanpa disadari dapat menularkan ke orang-orang sekitarnya.

BERITA TERKAIT