test

Kesehatan

Selasa, 25 Mei 2021 10:05 WIB

5 Bahan Alami Ini Ampuh Redakan Batuk dan Tenggorokan Gatal

Editor: Hadi Ismanto

Bahan alami dapat meredakan batuk. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Seseorang terkadang mengalami sakit batuk. Namun, batuk sejatinya merupakan tindakan refleks yang normal dan secara alami terjadi untuk membersihkan saluran udara dari iritasi.

Jika mengalami tenggorokan gatal, cobalah meredakannya dengan bahan-bahan alami. Seperti dilansir dari laman Times of India, Selasa (25/5/2021), berikut lima obat alami yang bisa membantu untuk mengatasi batuk.

1. Madu
Madu memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan antiradang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan madu lebih baik daripada obat yang dijual bebas (OTC) untuk mengobati pilek dan batuk.

Campurkan dua sendok teh madu dalam teh herbal atau air hangat dan lemon. Minum dua kali sehari untuk hasil yang efektif.

2. Jahe
Sifat anti-inflamasi pada jahe dapat meredakan lendir di saluran udara dan mengurangi masalah batuk. Minum teh jahe dengan madu dan lada hitam dapat mengatasi batuk secara efektif. Tapi jangan terlalu banyak minum teh jahe karena bisa menyebabkan sakit perut.

3. Air Garam
Kumur air garam dapat meredakan tenggorokan gatal dan mengurangi penumpukan lendir di paru-paru dan saluran hidung. Aduk 1/4 sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat, lalu berkumur beberapa kali sehari untuk meredakan nyeri dengan cepat.

Cara ini tak disarankan untuk anak kecil karena kemungkinan mereka tidak dapat berkumur dengan benar dan menelan air asin tersebut.

4. Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih memberikan ketenangan dan melegakan saluran udara. Supaya cepat meredakan batuk, campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dalam minyak kelapa atau minyak zaitun, lalu gosokkan ke dada dan tenggorokan.

Bisa juga coba uap kayu putih dengan menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam mangkuk berisi air panas, lalu hirup uapnya.

5. Peppermint
Peppermint mengandung mentol yang dapat meredakan nyeri dan iritasi di tenggorokan. Selain itu, peppermint juga dapat mengurangi hidung tersumbat.

Minum teh peppermint dua sampai tiga kali sehari untuk mengurangi masalah batuk. Anda juga bisa menggunakan minyak peppermint sebagai aromaterapi.

BERITA TERKAIT